Sistem anti bunuh diri dipasang di jembatan Seoul

Kamis, 10 Januari 2013 - 21:42 WIB
Sistem anti bunuh diri dipasang di jembatan Seoul
Sistem anti bunuh diri dipasang di jembatan Seoul
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota Seoul, Korea Selatan (Korsel) telah memasang sistem anti bunuh diri di sejumlah jembatan yang membentang di atas Sungai Han, Seoul. Sistem ini berupa perangkat pemantau yang dipasang di jembatan dan akan secara otomatis membunyikan alarm jika ada seseorang yang bersiap akan melompat dari atas jembatan.

Deteksi bunuh diri potensial akan membunyikan alarm secara otomatis dan dalam tiga menit akan mengirim layanan darurat dan konselor ke lokasi. Ada sekitar 25 jembatan yang membentang di atas sungai Han. Namun, sistem ini baru akan dipasang pada dua jembatan.

"Sistem baru telah diberlakukan pada dua jembatan," kata seorang pejabat kota yang bertanggung jawab atas proyek ini, seperti dikutip dari Iol.co.za, Kamis (10/1/2013). Menurutnya, sistem ini tak akan berhenti hanya pada dua jembatan itu. “Kami akan memperluas sistem ke jembatan lainnya di Sungai, jika pengujian sampai Maret terbukti efektif," lanjut pejabat tersebut.

Tahun lalu, tercatat ada 196 orang yang melakukan aksi bunuh diri dengan melompat ke Sungai Han.
Salah satu dari dua jembatan yang dipasangi sistem baru ini adalah jembatan Mapo. Jembatan ini jadi lokasi favorit aksi bunuh diri. Hampir 90 persen pelaku bunuh diri memilih jembatan ini.

Kian tahun, jumlah aksi bunuh diri di jembatan sungai Han terus meningkat. Pada 2003, tercatat hanya ada 57kasus. Sebagai upaya pencegahan, pada September lalu Pemerintah Kota Seoul telah memasang pesan berisi kata-kata bijak di dinding jembatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0738 seconds (0.1#10.140)
pixels