Irak dan Inggris bahas pertukaran tahanan

Kamis, 03 Januari 2013 - 12:00 WIB
Irak dan Inggris bahas...
Irak dan Inggris bahas pertukaran tahanan
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Irak dan Inggris tengah yang membahas kesepakatan pertukaran tahanan. Hal ini memungkinkan seorang penjaga keamanan Inggris, Danny Fitzsimons, yang dihukum karena melakukan pembunuhan di Irak, untuk menjalani sisa masa hukuman di negara asalnya.

Seperti dikutip dari news.com.au, Rabu (2/1/2013), Menteri Kehakiman Irak, Hassan al-Shammari telah diundang ke London untuk menyelesaikan dan menandatangani nota kesepahaman atas transfer narapidana antara kedua negara.

"Inggris bersikeras untuk membuat perjanjian dengan Irak, untuk mengambil Danny Fitzsimons," kata Juru Bicara Kementerian Kehakiman Irak, Haidar al-Saadi. "Kami menerima undangan dari Duta Besar Inggris untuk pergi ke sana (London) dan menandatangani perjanjian," lanjutnya.

Jika kesepakatan ini resmi terjalin, nampaknya Fitzsimons akan menjadi warga Inggris pertama yang merasakan manfaat kesepakatan ini. Pada Februari 2011, Fitzsimons dijatuhi penjara 20 tahun karena membunuh seorang warga Inggri dan Australia di Baghdad. Menurut Fitzsimons, pembunuhan itu dilakukannya untuk membela diri.

Seorang diplomat Inggris yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, perjanjian pertukaran tahanan ini tak ditujukan bagi individu tertentu. “Kesepakatan itu tidak ditargetkan bagi individu tertentu, tapi itu tidak berarti dia (Fitzsimons) tidak akan mendapatkan keuntungan dari kesepakatan ini,” jelas diplomat tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4243 seconds (0.1#10.140)