Kantongi Bukti, ICC Malah Batalkan Penyelidikan Kejahatan Perang Inggris di Irak

Jum'at, 11 Desember 2020 - 00:54 WIB
loading...
Kantongi Bukti, ICC Malah Batalkan Penyelidikan Kejahatan Perang Inggris di Irak
ICC membatalkan penyelidikan kejahatan perang Inggris di Irak meski menemukan bukti kekejaman. Foto/UN
A A A
THE HAGUE - Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) membatalkan penyelidikan dugaan kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan Inggris di Irak. Padahal, temuan menunjukkan tentara Inggris telah melakukan pemerkosaan, penyiksaan dan pembunuhan yang disengaja.

Sebuah laporan setebal 184 halaman yang dibuat oleh kantor kejaksaan ICC Fatou Bensouda mengumumkan bahwa kasus tersebut akan ditutup dan tidak akan ada penyelidikan skala penuh atas masalah tersebut.

Bensouda menyimpulkan bahwa ada dasar yang masuk akal untuk percaya bahwa pasukan Inggris melakukan pembunuhan yang disengaja, penyiksaan, perlakuan kejam dan kekerasan seksual.



Namun dia menambahkan bahwa tidak ada bukti bahwa Inggris telah memblokir penyelidikan atau tidak mau melanjutkannya.

Pada saat yang sama, laporan tersebut menggambarkan penyelidikan oleh Polisi Militer Inggris tidak memadai dan dirusak oleh kurangnya kemerdekaan dan ketidakberpihakan.

Penyelidikan diluncurkan pada tahun-tahun setelah invasi Irak pada 2003 dan dibuka kembali pada tahun 2014 setelah penutupan singkat.

"Setelah penyelidikan terperinci, dan terlepas dari kekhawatiran yang diungkapkan dalam laporannya, kantor (jaksa penuntut) tidak dapat mendukung tuduhan bahwa badan investigasi dan kejaksaan Inggris telah terlibat dalam perlindungan (yaitu memblokir penyelidikan), berdasarkan pengawasan cermat terhadap informasi sebelumnya," kata Bensouda seperti dikutip dari Al Araby, Jumat (11/12/2020).(Baca juga: Proses Pemilihan Jaksa Kejahatan Perang ICC Terhenti di Tengah Sanksi AS )

Bensouda juga menggarisbawahi bahwa telah terjadi sejumlah insiden terbatas yang"tampaknya sesuai dengan tuduhan paling serius tentang kekerasan terhadap orang-orang dalam tahanan Inggris.

Bensouda, bagaimanapun, dalam pidato penutupnya mengecam penolakan Inggris atas klaim kejahatan perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)