Polisi Iran gagalkan kiriman 2 ton heroin ke Eropa

Rabu, 02 Januari 2013 - 17:49 WIB
Polisi Iran gagalkan...
Polisi Iran gagalkan kiriman 2 ton heroin ke Eropa
A A A
Sindonews.com – Polisi Anti Narkotika Iran mendapat tangkapan kakap. Jenderal Ali Moayyedi, komandan Polisi Anti Narkoba Iran mengatakan, operasi intelejen yang dilancarkan oleh polisi Iran berhasil menggagalkan peyelundupan 2 ton kargo heroin yang siap dikirim ke Eropa, Selasa (1/1/2012).

"Sejalan dengan usaha internasional dan agama untuk memerangi peredaran narkotika dan obat-obat terlarang, Iran berhasil menyita 2 ton heroin yang siap ditransfer ke Eropa. Jika kargo itu berhasil diselundupkan ke Eropa, maka akan sangat membahayakan dan dapat mengakibatkan kehancurkan komunitas warga Eropa," ungkap Moayyedi seperti diberitakan Fars, Rabu (2/1/2012).

Lokasi geografis Iran yang stratgeis menjadikan Iran sebagai tempat transit favorit bagi sejumlah pengedar narkoba dari Afghanistan menuju Eropa. Pasalnya, wilayah perbatasan timur Iran dengan Afghanistan menjadi sebuah lokasi produksi opium terbesar di dunia. Menurut data resmi, sepanjang tahun 2012, Iran berhasil menyita 350 ton obat-obatan terlarang, sebagian besar adalah opium.

Di kancah internasional, Iran memimpin upaya internasional untuk memerangi perluasan jaringan narkoba dan peyelundupan obat-obatan terlarang. Pasalnya, menurut data statistik yang dikeluarkan oleh PBB Iran berada di posisi teratas dalam memerangi narkoba, 89 peredaraan opium ke seluruh dunia berhasil digagalkan oleh militer Iran.

Tercatat sudah 4 ribu tentara Iran yang tewas dalam tiga dekade derakhir dalam melawan penyelundupan obat-obatan terlarang dan senjata berat. Iran juga telah menghabiskan dana USD700 juta untuk membangun tembok sepanjang 1.700 km di perbatasan Afghanistan dan Pakistan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0885 seconds (0.1#10.140)