Kepolisian Hong Kong sita 4 ton gading gajah selundupan

Minggu, 21 Oktober 2012 - 16:52 WIB
Kepolisian Hong Kong sita 4 ton gading gajah selundupan
Kepolisian Hong Kong sita 4 ton gading gajah selundupan
A A A
Sindonews.com – Kepolisin Hong Kong berhasil menyita gading gajah selundupan senilai USD 3,4 juta. Seperti dikutip dari CNN.com, Minggu (21/10/2012), gading selundupan ini dimuat dalam dua kontainer.

Gading-gading selundupan yang berasal dari Tanzania dan Kenya ini beratnya mencapai 4 ton, yang terdiri dari 1.209 buah gading dan tiga pon ornamen gading. Penangkapan ini jadi yang terbesar di Hong Kong.

"Ini adalah hasil tangkapan terbesar dalam sejarah kasus gading selundupan di Hong Kong,” kata Kepala Pelabuhan dan Komando Maritim Hong Kong, Lam Tak-fai. Menurutnya, kontainer yang berisi gading selundupan ini diberi label muatan plastik.

Sukses operasi ini tak lepas dari keberhasilan Kepolisian China Daratan yang telah lebih dulu menangkap tujuh orang yang diduga terkait jaringan penyelundupan gading. Akhir-akhir ini, permintaan gading gajah kian meningkat di Asia dan Timur Tengah.

Di dua kawasan ini, gading gajah dijadikan bahan untuk obat tradisional dan membuat hiasan. Besarnya permintaan pasar inilah yang mendorong kian maraknya usaha penyelundupan gading ke Asia dan Timur Tengah.

Sebelumnya, pada 2011, Kepolisian Hong Kong berhasil menyita gading selundupan senilai USD 2 juta. Menurut hukum Hong Kong, mereka yang bersalah dari perdagangan produk satwa langka ini akan menghadapi tuntutan dua tahun penjara dan denda yang besar.

Perdagangan internasional gading gajah telah dilarang sejak 1989. Hal ini dilakukan untuk melindungi populasi gajah yang kian berkurang di benua Afrika.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4549 seconds (0.1#10.140)