Sejumlah tersangka ditahan terkait penembakan Yousafzai

Sabtu, 13 Oktober 2012 - 11:07 WIB
Sejumlah tersangka ditahan terkait penembakan Yousafzai
Sejumlah tersangka ditahan terkait penembakan Yousafzai
A A A
Sindonews.com – Sejumlah orang yang diduga terkait aksi penembakan pada seorang aktivis putri Pakistan, Malala Yousafzai (14), telah ditahan aparat keamanan Pakistan. Seperti dikutip dari Iol.co.za, Sabtu (13/10/2012), para tersangka itu tengah menjalani interogasi intensif.

"Beberapa penangkapan telah dilakukan dan tersangka sedang diinterogasi," kata Kepala Polisi Lembah Swat G,ul Afzal Khan Afridi, tanpa menyebutkan jumlah tersangka. Media lokal menyebutkan, ada tiga tersangka yang sudah ditahan polisi. Salah satunya adalah pimpinan Attaullah, gerilyawan yang bermarkas di Swat.

Yousafzai yang sempat menyuarakan keprihatinannya soal pendidikan bagi kaum perempuan di masa Taliban berkuasa, ditembak pada Selasa (9/10/2012). Yousafzai ditembak dalam perjalanan pulang dari sekolahnya di Mingora, kawasan utama di kota itu. Seorang juru bicara Taliban Pakistan, Ehsanullah Ehsan, mengaku bahwa mereka bertanggung jawab atas serangan itu.

Saat ini, Yousafzai masih dalam keadaan tak sadar. Dia masih ditempatkan dalam ventilator.
"Ada kemajuan soal kondisi Yousafzai. Tapi, 36 sampai 48 jam berikutnya ia akan memasuki masa kritis. Sebuah tim dokter telah dibentuk untuk memantau kondisinya,” ujar seorang Juru Bicara Milietr Pakistan, Mayor Jenderal Asim Saleem Bajwa.

Tim itu terdisi dari seorang Dokter militer senior dan dua Dokter ahli dari Inggris. Pemerintah Pakistan belum memutuskan, apakah perlu menerbangkan Yousafzai ke luar negeri untuk pengobatan. Penembakan Yousafzai telah memicu kecaman dari seluruh dunia. Yousafzai dianggap sebagai aktivis putri yang berani memperjuangkan hak pendidikan bagi kaum perempuan di Pakistan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6490 seconds (0.1#10.140)