Sekjen PPB kecam penembakan Yousufzai

Kamis, 11 Oktober 2012 - 16:52 WIB
Sekjen PPB kecam penembakan Yousufzai
Sekjen PPB kecam penembakan Yousufzai
A A A
Sindonews.com – Sekjen PBB, Ban Ki-moon, menyatakan rasa marahnya atas aksi penembakan yang dilakukan Taliban pada Malala Yousufzai, aktivis putri Pakistan berusia 14 tahun. Seperti dikutip dari theglobeandmail.com, Kamis (11/10/2012), Ki-moon terharu atas upaya yang dilakukan Yousufzai untuk memperjuangkan hak dasar perempaun di bidang pendidikan.

"Seperti banyak orang lain di Pakistan dan di seluruh dunia, Sekjen PBB benar-benar marah atas serangan ini. Untuk menunjukkan dukungannya, Sekjen PBB akan menulis kepada keluarga Yousufzai,” ujar Juru Bicara Sekjen PBB, Martin Nesirky.

Ki-Moon berharap, Yousufzai dan dua pelajar putri lain yang juga terluka akibat serangan itu, bisa segera pulih. “Sekjen PBB berharap soliditas Pemerintah dan rakyat Pakistan dalam upaya mereka menghadapi kekerasan ekstrimis,” lanjut Nesirky.

Senada dengan Sekjen PBB, kecaman juga datang dari badan-badan PBB, seperti UNESCO dan UNICEF. Direktur Jenderal UNESCO, Irina Bokova, mengatakan, senjata tidak dapat digunakan untuk menghapus hak atas pendidikan atau hak kebebasan berekspresi.

"Saya sangat terkejut dengan kebrutalan serangan ini, yang bertujuan untuk membunuh seorang gadis 14-tahun, hanya karena ia membela hak anak perempuan untuk pendidikan," kata Bokova. Menurutnya, setiap individu harus memperjuangkan hak untuk pendidikan dan kebebasan berekspresi.

“Ini adalah serangan terhadap hak atas martabat, hak untuk belajar, hak untuk memiliki bekal kehidupan. Serangan ini jelas tak bisa diterima. Menjadi tanggung jawab dari masing-masing individu untuk berdiri di garis depan melawan serangan seperti ini,” lanjutnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5084 seconds (0.1#10.140)