Majelis Libya mulai berkuasa

Jum'at, 10 Agustus 2012 - 11:53 WIB
Majelis Libya mulai berkuasa
Majelis Libya mulai berkuasa
A A A
Sindonews.com - Setahun pascatergulingnya Presiden Muammar Khadafi, DewanTransisi Nasional (NTC) Libya akhirnya menyerahkan kekuasaan kepada majelis terpilih.

Pada upacara yang diselenggarakan malam hari, karena bertepatan dengan bulan puasa Ramadan, Kepala NTC Mustafa Abdul Jalil secara resmi memberikan kewenangan kepada anggota tertua Kongres Nasional Umum (GNC) Mohammed Ali Salim di Ibu Kota Tripoli. Keduanya menandatangani dokumen untuk penyerahan kekuasaan tersebut.

Setelah penandatanganan, Jalil mengumumkan jika NTC telah menyerahkan kekuasaan konstitusional menjalankan negara dan GNC ditetapkan menjadi wakil sah rakyat Libya.

Menurut laporanCNN, beberapa orang terdengar meneriakkan “Allahu Akbar!” Suasana penyerahan pun berubah menjadi begitu emosional ketika banyak orang menangis. Tak lama berselang, Perdana Menteri Abdul Rahim al-Kib muncul ke atas panggung dan langsung memeluk Jalil. Melihat hal ini, perwakilan khusus Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) untuk Libya Ian Martin pun ikut tersenyum.

Pada kesempatan itu Jalil mengakui kegagalan NTC dalam memulihkan keamanan di negara itu, namun dia menegaskan jika NTC telah memerintah pada waktu yang luar biasa. Penyerahan kekuasaan ini secara otomatis menandai transisi kekuasaan yang berlangsung secara damai untuk pertama kalinya dalam sejarah modern Libya.

Majelis baru juga akan langsung menggelar pertemuan pertama dan akan melanjutkan pertemuan untuk memilih juru bicara. Ke depan, 200 anggota majelis baru akan menunjuk pemerintah yang baru yang akan memerintah sampai pemilihan baru setelah penyusunan konstitusi baru.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5537 seconds (0.1#10.140)