Ahli Sebut Intervensi NATO ke Libya Penyebab Banjir Bandang

Kamis, 05 Oktober 2023 - 07:14 WIB
loading...
Ahli Sebut Intervensi NATO ke Libya Penyebab Banjir Bandang
Ahli sebut intervensi NATO ke Libya jadi salah satu penyebab banjir bandang. Foto/BBC
A A A
TRIPOLI - Banjir besar yang menghancurkan bendungan di Libya bulan lalu karena negara tersebut masih menderita kekurangan dana infrastruktur setelah kampanye militer NATO lebih dari satu dekade lalu. Hal itu diungkapkan ahli hidrologi Abdewanees Ashoor.

Dua bendungan di kota Derna, Libya, mengalami kerusakan parah pada malam 10-11 September akibat Badai Daniel. Banjir kemudian menyapu seluruh wilayah pemukiman, dan Bulan Sabit Merah memperkirakan setidaknya 11.000 orang tewas dan 10.000 lainnya masih hilang akibat bencana tersebut.

Berbicara kepada RT pada hari Selasa, ahli hidrologi Ashoor menyatakan bahwa kerusakan yang ditimbulkan oleh intervensi NATO di negara Afrika Utara pada tahun 2011 adalah salah satu faktor penyebab tragedi tersebut.



“Pada masa-masa awal revolusi di Libya, semua orang merayakan intervensi NATO ketika masyarakat bangkit melawan rezim Gaddafi dan menuntut pemecatannya. Namun, belakangan kami mengetahui bahwa negara ini dilanda kekacauan,” kata Ashoor.

“Setelah intervensi ini, mereka (NATO) tidak mampu membawa negara ini ke dalam keadaan stabil,” sambungnya seperti dikutip dari RT, Kamis (5/10/2023).

Pakar tersebut berpendapat bahwa kepemimpinan yang lemah, selain korupsi keuangan – terutama terkait dana yang dialokasikan untuk perbaikan bendungan – menyebabkan keruntuhan.



Menurut Ashoor, ada kurangnya pemeliharaan di Libya dan ada banyak laporan di masa lalu yang memperingatkan tentang hal ini.

“Kondisi bendungan yang buruk, ditambah dengan kemungkinan terjadinya banjir besar, mau tidak mau dapat menyebabkan runtuhnya bendungan. Semua penilaian ini, serta evaluasi yang dilakukan oleh perusahaan dan ahli sebelumnya, menunjukkan bahwa bencana seperti itu akan terjadi,” tambah Ashoor.

Setelah bencana tersebut, tim penyelamat dan bantuan dikirim oleh negara tetangga Mesir, Aljazair, dan Tunisia, serta Turki, Italia, Malta, Uni Emirat Arab, Jerman, dan Inggris. Kementerian Darurat Rusia (EMERCOM) telah mengerahkan tim spesialis untuk membantu upaya pencarian dan penyelamatan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)