Pilpres India, Pranab Mukherjee kalahkan Purno Sangma

Jum'at, 20 Juli 2012 - 17:30 WIB
Pilpres India, Pranab Mukherjee kalahkan Purno Sangma
Pilpres India, Pranab Mukherjee kalahkan Purno Sangma
A A A
Sindonews.com – Pemilihan presiden (Pilpres) kembali berlangsung di India. Kandidat terkuat dalam pemilihan presiden tahun 2012 ini adalah Mantan Menteri Keuangan Pranab Mukherjee. Dia unggul pada pemungutan suara dibanding kandidat oposisi, Purno Sangma.

Posisi presiden baru yang menjabat selama lima tahun itu dapat memainkan peran penentu dalam menentukan komposisi pemerintahan ketika Pemilihan Umum (Pemilu) dilaksanakan pada 2014. Presiden India tidak langsung dipilih rakyat, tetapi oleh kolase elektoral yang terdiri dari para anggota parlemen dan majelis negara.

Hasil pemungutan suara akan diketahui pada 22 Juli mendatang. Kandidat yang menang akan menggantikan Pratibha Patil, presiden wanita pertama di India. Seperti dilansir dari BBC, Jumat (20/7/2012).

Mukherjee dinominasikan menjadi Presiden karena memiliki pengalaman dan pengaruh yang kuat di India. Kongres yang dipimpin partai berkuasa memilih Mukherjee untuk mengalahkan lawannya, kandidat Purno Sangma yang juga mantan ketua parlemen.

Sebelumnya, Mukherjee telah memimpin beberapa kementerian utama India termasuk luar negeri, dalam negeri, pertahanan dan perdagangan. Di India, seorang presiden memang tidak memiliki kekuasaan khusus, tetapi dapat memainkan peran kritis dalam krisis konstitusi.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5362 seconds (0.1#10.140)