Bertemu betina, sotong langsung ganti warna

Jum'at, 06 Juli 2012 - 22:36 WIB
Bertemu betina, sotong langsung ganti warna
Bertemu betina, sotong langsung ganti warna
A A A
Sindonews.com – Tahukah Anda jika Sotong memiliki kemampuan kamuflase yang luar biasa. Sel-sel kulit hewan ini memungkinkan perubahan warna dalam sekejap mata. Sebuah penelitian mengungkapkan, moluska pandai itu menggunakan kemampuan mereka mengubah warna dengan cara yang kreatif yaitu berpura-pura menjadi lawan jenisnya.

Ketika sotong jantan merayu sang betina, dia sering "menipu" dengan menampilkan pola khas pada salah satu sisi tubuhnya. Sementara sisi lainnya yang menghadap sotong betina menunjukkan pola jantan. Sebagaimana dikutip dari Livescience, Jumat (6/7/2012).

Kamuflase ini menyamarkan tubuh sotong jantan saat bertemu saingannya. Sehingga pejantan lain akan menganggap pasangan tersebut seperti dua sotong betina yang sedang berkumpul. Kamuflase digunakan untuk menipu sotong maupun biota laut lainnya.

Saat seorang ahli biologi di Universitas Macquarie Australia, Culum Brown dan rekannya pertama kali melihat biota "dua-wajah" ini menyamar di laboratorium mereka. Sisi tubuh sotong pejantan yang menghadap sotong betina akan menunjukkan garis-garis berdenyut. Sementara ketika bertemu saingan pejantan, mereka akan menunjukkan kamuflase belang-belang.

"Dengan menggunakan tampilan licik itu, sotong jantan memiliki lebih banyak waktu meyakinkan sotong betina untuk kawin, sebelum mereka bertemu dengan pejantan lain," kata Brown.

Para peneliti itu mengambil foto di Pelabuhan Sydney di Australia untuk mencari contoh perilaku licik beberapa pasangan sotong di alam liar. Fakta bahwa sotong sering berganti warna berasal dari penelitian terhadap 108 foto kelompok sotong yang diambil selama lebih dari enam tahun.

Sotong adalah kerabat dekat cumi-cumi dan gurita. Hewan laut ini bukan ikan melainkan jenis moluska seperti siput. Namun, sotong mempunyai sistem visual canggih yang memungkinkan mereka untuk berkamuflase sempurna untuk setiap situasi.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5812 seconds (0.1#10.140)