Pembangkit nuklir Fukushima aktif kembali

Kamis, 05 Juli 2012 - 14:07 WIB
Pembangkit nuklir Fukushima aktif kembali
Pembangkit nuklir Fukushima aktif kembali
A A A
Sindonews.com - Setelah berbulan-bulan bersidang, parlemen Jepang memutuskan mengaktifkan kembali pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Fukushima. Pembangkit nuklir ini diaktifkan setelah ditutup usai bencana gempa bumi dan tsunami 2011.

Saat ini, pembangkit listrik tenaga nuklir Operator Tokyo Electric Power (Tepco) yang telah diaktifkan kembali mulai menghasilkan listrik. Pada hari Minggu reaktor pertama di Fukushima diaktifkan kembali.

Meskipun penuh kontroversi, Perdana Menteri Jepang AM Yoshihiko Noda memutuskan untuk melanjutkan pembangunan kembali pembangkit nuklir. Pembangkit nuklir Tepco relatif stabil. Sejauh 20 Km (12 mil) zona eksklusi di sekitarnya tetap aman.

“Kembalinya tenaga nuklir sangat penting bagi perekonomian Jepang,” ujar Noda, seperti dikutip dari BBC, Kamis (5/7/2012).

Pengaktifan kembali pembangkit nuklir atas perintah Noda bulan lalu itu disambut protes besar-besaran penduduk di Tokyo. Kritik juga ditujukan kepada Perdana Menteri Naoto Kan yang menyimpan informasi pengaktifan kembali pembangkit nuklir.

Pengaktifan dilakukan setelah lebih dari 20.000 orang tewas ketika gempa dan tsunami melanda laut Jepang bagian timur. Selain itu, puluhan ribu orang harus diungsikan setelah tsunami merusak sistem pendingin enam reaktor yang menyebabkan kebocoran dan pelepasan radioaktif.

Saat ini, pemerintah akan terus menilai apakah pembangkit nuklir lainnya aman untuk diaktifkan kembali. Sejak terjadi bencana tsunami, parlemen menutup semua pembangkit nuklir untuk mengantisipasi bertambahnya korban jiwa jika terjadi bencana alam.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3319 seconds (0.1#10.140)