Pertama kali, Ratu Elizabeth II jabat tangan McGuiness

Rabu, 27 Juni 2012 - 19:36 WIB
Pertama kali, Ratu Elizabeth II jabat tangan McGuiness
Pertama kali, Ratu Elizabeth II jabat tangan McGuiness
A A A
Sindonews.com - Ratu Elizabeth II berjabat tangan dengan Deputi Menteri Pertama Irlandia Utara Martin McGuinness. Jabatan tangan ini merupakan yang pertama kali untuk dua negarawan tersebut.

Peristiwa itu terjadi dalam sebuah acara amal yang diselenggarakan Co-Operation Ireland. Organisasi ini mengajak berbagai komunitas untuk berkumpul bersama.

Saat ini, McGuinness telah bertransformasi dari komandan milliter di Tentara Republik Irlandia (Irish Republican Army/IRA) menjadi Wakil Menteri Irlandia Utara pertama. Sebelumnya, dia merupakan pasukan bersenjata tahun 1970 yang membela Irlandia.

Pertemuan antara Ratu Elizabeth II dan McGuiness berlangsung di Teater Lyric di Belfast, Irlandia Utara pada hari Rabu (27/6/2012), seperti dikutip dari BBC.

McGuinness dan Ratu Elizabeth II berjabat tangan di pertemuan pribadi, lalu berjabat tangan lagi di depan umum. Setelah mereka berjabat tangan untuk kedua kalinya, sang Ratu akan melanjutkan kunjungan Diamond Jubilee di Irlandia Utara.

Saat mereka berjabat tangan untuk kedua kalinya, McGuiness menyampaikan harapannya agar Ratu Elizabeth II akan kembali lagi ke Irlandia Utara.

Dalam acara ini terdapat tujuh tokoh dunia, termasuk Presiden Irlandia Michael D Higgins dan Menteri Pertama Irlandia Utara Peter Robinson.

“Pertemuan ini merupakan sinyal kuat bagi pembangunan perdamaian yang memerlukan kepemimpinan,” kata McGuinness kepada Ratu Elizabeth II.

Pada pertemuan ini, Ratu Ratu Elizabeth II mengenakan pakaian warna hijau apel dirancang oleh Angela Kelly. Ratu pun disambut dengan sajian tembikar Belleek untuk menandai pembukaan tur Diamond Jubilee.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5458 seconds (0.1#10.140)