Presiden baru Senegal janji tegakkan konstitusi

Selasa, 03 April 2012 - 13:20 WIB
Presiden baru Senegal janji tegakkan konstitusi
Presiden baru Senegal janji tegakkan konstitusi
A A A
Sindonews.com - Ribuan rakyat Senegal merayakan pengambilan sumpah Macky Sall sebagai presiden baru. Macky menjadi orang nomor satu di Senegal dalam 12 tahun terakhir.

Perayaan pengambilan sumpah di kantor kepresidenan Senegal itu dihadiri oleh 11 kepala negara di Afrika. Sekitar 2.000 orang menghadiri perayaan ini sekaligus untuk memberikan selamat kepada Macky.

Macky berhasil menjadi presiden setelah mengalahkan Presiden Abdoulaye Wade. Wade telah berkuasa selama 12 tahun. Ia dihujani kritikan keras dari warga Senegal karena mengubah sebuah konstitusi pada 2008, yang mengizinkan presiden Senegal untuk mencalonkan diri lebih dari dua kali.

Walaupun pernah melakukan kesalahan, namun sikap Wade pada akhir masa jabatanya mendapat pujian dari seluruh dunia. Beberapa saat setelah hasil jumlah penghitungan suara putaran kedua keluar, sementara Macky dinyatakan unggul, ia menyampaikan ucapan selamat langsung kepada Macky melalui telepon.

Setelah pengambilan sumpah kepemimpinan, Macky menyampaikan sebuah pidato. " Saya berjanji untuk terus memantau dan menegakan konstitusi yang ada sambil terus mempertahankan integritas wilayah Senegal," ungkap Macky seperti diberitakan dalam BBC.co.uk, Senin (2/4/2012).

Macky adalah presiden ke empat bagi Senegal. sebelum menjabat presiden ia menjabat sebagai Perdana Menteri Senegal.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2948 seconds (0.1#10.140)