Demo Protes kedatangan Hu Jin Tao di India

Senin, 26 Maret 2012 - 18:12 WIB
Demo Protes kedatangan...
Demo Protes kedatangan Hu Jin Tao di India
A A A
Sindonews.com - Seorang pengungsi Tibet melakukan aksi bakar diri di dekat kantor parlemen India. Aksi ini dilakukan, menjelang kedatangan Presiden China Hu Jin Tao akhir pekan ini ke India.

Juru bicara aksi demonstrasi, mengatakan bahwa Jampa Yeshi mengamuk sebelum ia sempat melarikan diri menuju alat pengeras suara sejuah 50 meter sebelum akhirnya pingsan. Saat ini pria tersebut tengah berada di rumah sakit, dia mengalami luka bakar hingga 85 persen tubuhnya.

Para demonstran mencoba menyelamatkan Yeshi dengan menyiram air. Polisi yang berada dilokasi kejadian sempat dicegah oleh demonstran lain saat mencoba mengevakuasi pria ini ke rumah sakit.

Yeshi (26) adalah pengungsi yang melarikan diri dari Tibet lima tahun lalu, ia telah berada di India selama lima tahun. Dmikian dikutip dari The Bellingham herald, Senin (26/3/2012).

Dalam demonstrasi itu sedikitnya lebih dari 600 orang ikut bergabung. Mereka menentang kedatangan presiden China Hu Jin Tao di New Delhi di dekat gedung parlemen India.

Para pendemo membawa sebuah spanduk besar bergambar wajah Hu dan bertuliskan " Hu Jin Tao tidak diterima dalam pertemuan BRIC".

Hu sendiri agendanya akan menghadiri pertemuan 28-29 Maret dengan pemimpin Brazil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan. Kelompok negara ini dikenal dengan nama BRIC. Menjelang pertemuan ini polisi India telah meningkatkan kemanan di lokasi hotel dan juga menutup jalur ke lokasi pertemuan.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0505 seconds (0.1#10.140)