Naikkan harga tiket, Menteri KA India mundur

Senin, 19 Maret 2012 - 14:00 WIB
Naikkan harga tiket, Menteri KA India mundur
Naikkan harga tiket, Menteri KA India mundur
A A A
Sindonews.com - Menteri Kereta Api India Dinesh Trivedi menyatakan mundur dari pemerintahan, setelah dia dan partainya memutuskan untuk menaikkan harga tiket penumpang pada pekan lalu.

Mundurnya Trivedi dari pemerintahan merupakan bentuk penolakannya terhadap partainya, Kongres Trinamul. Partainya meminta harga tiket penumpang diturunkan kembali seperti harga sebelumnya.

Trivedi pada Rabu pekan lalu memutuskan untuk menaikkan meningkatkan harga tiket sebesar 30 Paisa atau sekitar (USD0,006) per kilometer. Kenaikan tersebut dikarenakan jaringan kereta api tengah berada dalam masa-masa sulit.

Selang beberapa jam pengumuman kenaikan harga tiket, Ketua Partai Kongres Trinamul, Mamata Banerjee menolak keputusan tersebut dan meminta Trivedi mundur dari jabatannya.

Setelah melakukan pembicaraan dengan Banerjee pada hari Minggu 18 Maret 2011, Trivedi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Kereta Api India. Dia mengatakan partainya memiliki andil besar dalam pencalonannya, dan dia harus mematuhi disiplin partai.

Banerjee kemudian meminta Perdana Menteri Manmohan Singh menunjuk Mukul Roy dari Partai MP sebagai pengganti Trivedi.

Trivedi mengatakan, keputusan untuk menaikkan harga tiket penumpang kereta api dikarenakan sudah 10 tahun belum pernah ada kenaikan harga tiket. "Lonjakan harga bahan bakar sangat mempengaruhi operasi kereta," ungkap petugas kereta api seperti dikutip dalam BBC.co.uk, Senin (19/3/2012).

India memiliki sebanyak 7.000 kereta api. Ribuan kereta ini melayani sekira 13 juta penumpang setiap hari.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6165 seconds (0.1#10.140)