Korut buat patung untuk Kim Jong Il

Rabu, 15 Februari 2012 - 13:55 WIB
Korut buat patung untuk...
Korut buat patung untuk Kim Jong Il
A A A
Sindonews.com - Korea Utara (Korut) membuat patung besar jelang ulang tahun ke-70 mendiang mantan penguasa Korut, Kim Jong Il. Korut akan menghadirkan patung tersebut tepat ulang tahun Kim Jong Il pada Kamis 16 Februari 2012.

Patung ini merupakan patung perunggu pertama yang dibuat bagi pemimpin terakhir Korut.

Rencananya peresmian patung ini akan dihadiri oleh pejabat tinggi militer dan pejabat tinggi Korut di ibu kota Pyongyang. Kim Jong Un nampaknya tidak hadir dalam acara peresmian ini. Namun, dialah yang menjadi inisiator pembangunan patung mendiang ayahnya.

Korut telah mengelar serangkaian acara setelah Kim Jong Il meninggal akibat serangan jantung pada 17 Desember 2011 lalu.

Seperti sebuah slogan raksasa yang diukir di sebuah gunung, di perangko, ikon wajahnya di dalam medali, dan juga koin emas dan perak.

Berdasarkan laporan yang didapatkan oleh wartawan BBC Lucy Williamson, mendiang Kim Jong Il menolak ide pembangunan patung ini saat dia masih hidup. Pada 1999, ia mengatakan kepada para pejabat Korut bahwa dia tidak siap untuk menerima pujian sebelum dia bisa memenuhi janjinya untuk membangun kemakmuran bagi masyarakatnya.

Korut memberikan gelar Generalissimo bagi Kim Jong Il, sama seperti gelar yang diberikan kepada kakek Kim Jung Un, pendiri Korut.

Sepertinya, perayaan besok akan disambut meriah di seluruh Korut, perayaan ini akan disebut sebagai "the day of the shining star". Sebuah perayaan yang diadakan di tengah krisis pangan di negara ini.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5424 seconds (0.1#10.140)