Sarkozy muak lihat Presiden Suriah

Rabu, 04 Januari 2012 - 15:50 WIB
Sarkozy muak lihat Presiden Suriah
Sarkozy muak lihat Presiden Suriah
A A A
Sindonews.com - Presiden Prancis Nikolas Sarkozy merasa muak dengan perbuatan Presiden Suriah Bashar al-Assad yang membantai rakyatnya sendiri. Menurutnya, pembantaian itu sangat menjijikkan dan tidak manusiawi.

"Penduduk Suriah bebas menentukan nasibnya sendiri. Setelah melihat penganiayaan brutal dari Tim Pengawas Liga Arab, saya menjadi sangat jijik dan muak dengan perilaku Presiden Suriah Bashar al-Assad, lebih baik dia mundur," ujarnya seperti dilansir kantor berita Irish Examine, Rabu (4/1/2012).

Sarkozy juga menuntut agar rezim Suriah memberikan kebebasan bekerja kepada Liga Arab dalam menyelesaikan konflik horizontal yang menimpa negara itu. Dia juga menyerukan kepada masyarakat internasional untuk memberikan sanksi berat kepada Damaskus, yang menolak memberikan akses kepada relawan kemanusiaan.

Menteri Luar Negeri Prancis Alain Juppe mengaku skeptis dengan keberadaan Liga Arab di daerah itu akan menciptakan sejumlah kemajuan. Dia juga mempertanyakan apakah Liga Arab benar-benar memiliki akses yang terbuka terhadap sumber informasi. "Kondisi yang sebenarnya dimana para pengamat berada harus diklarifikasi," terangnya.

Seperti diketahui, Suriah telah menyatakan kesediaannya untuk menyebarkan tim pangamat di Suriah dan menyerukan tentara militernya untuk mundur dari kota-kota dan zona-zona pemberontakan, serta menghentikan aksi kekerasan terhadap warga sipil dan membebaskan para tahanan.

Menurut Ketua Liga Arab Nabil Al-Arabi, sejak hari pertama keberadaan Tim Pengawas Liga Arab, katanya tank-tank militer telah ditarik dan tahanan politik telah bebaskan. Namun kenyataannya masih terdengar suara tembakan.

"Untuk menghentikan jumlah korban tewas maka harus benar-benar ada penghentian total aksi tembak-menembak dan sulit untuk mengatakan siapa yang menembakan siapa," tambahnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6279 seconds (0.1#10.140)