alexametrics

Menhan AS Dukung Pemecatan Kapten Kapal USS Theodore Roosevelt

loading...
A+ A-
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mark Esper, mendukung langkah Angkatan Laut memecat komandan kapal induk USS Theodore Roosevelt karena mengungkap virus Corona menyerang kapal bertenaga nuklir itu. Dukungan itu muncul ditengah serangan dari Partai Demokrat di Kongres dan kru kapal yang memuji Kapten mereka sebagai pahlawan.

Kapten Brett Crozier dibebastugaskan dari komandan kapal induk USS Theodore Roosevelt pada hari Kamis setelah surat pedasnya bocor ke publik di mana ia meminta Angkatan Laut untuk melakukan tindakan yang lebih kuat untuk menghentikan penyebaran virus di atas kapal.

"Menteri Pertahanan mendukung keputusan sekretaris Angkatan Laut untuk mencopotnya," kata juru bicara Pentagon Jonathan Hoffman pada sebuah pengarahan berita seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (4/4/2020).



Ia mengatakan keputusan Esper didasarkan pada kesimpulan tindakan Sekretaris Angkatan Laut Thomas Modly bahwa ia telah kehilangan kepercayaan pada Crozier.

Ditanya apakah Esper masih memiliki kepercayaan pada Modly, Hoffman mengatakan: "Ya."

Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) memecat kapten kapal induk bertenaga nuklir USS Theodore Roosevelt, Brett Crozier. Dia dipecat setelah mengungkap virus corona COVID-19 telah mewabah di dalam kapal dan menginfeksi banyak awak.

Kapten Crozier mengungkapkannya dalam surat yang dia tulis kepada para petinggi Angkatan Laut AS. Dalam suratnya itu, dia meminta Angkatan Laut mengarantina ribuan pelaut.

Namun, surat yang semestinya rahasia itu bocor ke media lokal, San Francisco Chronicle. Bocornya surat itu dianggap sebagai pelanggaran oleh Crozier. (Baca: Ungkap Virus Corona Serang Kapal Induk AS, Kapten Crozier Dipecat)
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top