alexametrics

Kemlu: Belum ada Keputusan dari Saudi Soal Penangguhan Haji

loading...
A+ A-
JAKARTA - Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Indonesia, Ahmad Rizal Purnama mengatakan, berdasarkan hasil komunikasi dengan pihak Arab Saudi belum ada keputusan mengenai penangguhan ibadah Haji. Rizal menyebut, Saudi masih memantau perkembangan situasi terkait pandemi Covid-19.

Rizal mengatakan, dalam berbagai komunikasi dengan Duta Besar Saudi di Jakarta, maupun dengan perwakilan Indonesia di Saudi, isu ini kerap dibahas karena menyangkut hajat kepentingan masyarakat Indonesia.

"Hingga saat ini jawaban Saudi adalah mereka terus mengikuti perkembangan Covid-19 dan pada waktunya akan berikan keputusan," kata Rizal saat menggelar konferensi pers virtual pada Rabu (1/4/2020).



"Jadi sampai saat ini, belum ada keputusan resmi dari pemerintah Saudi mengenai bagaimana pelaksanaan Haji tahun ini, apakah dilakukan atau tidak. Belum ada keputusan resmi," sambungnya.

Dia menuturkan, pihak Saudi hanya menyampaikan berbagai info, seperti misalnya menunda pembayaran komitmen baru terkait dengan pembayaran-pembayaran haji.

"Itu yang sudah ada mungkin sejak satu minggu lalu dan diberitakan secara luas. Hal-hal seperti itu yang memang kita terima. Tapi, keputusan sendiri mengenai Haji itu belum kita terima. Mereka berjanji pada waktunya mereka akan berikan keputusan terkait hal ini," tukasnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top