Saudi Berhasil Cegat Rudal Balistik Houthi di Atas Ibu Kota Riyadh

Minggu, 29 Maret 2020 - 15:50 WIB
Saudi Berhasil Cegat Rudal Balistik Houthi di Atas Ibu Kota Riyadh
Saudi Berhasil Cegat Rudal Balistik Houthi di Atas Ibu Kota Riyadh
A A A
RIYADH - Pertahanan udara Arab Saudi berhasil mencegat dua rudal balistik yang diluncurkan kelompok pemberontak Yaman, Houthi, pada Sabtu malam. Rudal-rudal tersebut menyasar Ibu Kota Riyadh dan Jizan.

“Dua warga sipil sedikit terluka karena jatuhnya puing-puing rudal yang dicegat ketika meledak di udara di atas distrik perumahan di Riyadh," bunyi laporan kantor berita Saudi, SPA, mengutip juru bicara pertahanan sipil Saudi, Letnan Kolonel Mohammed Al-Hammadi, yang dinukil Reuters, Minggu (29/3/2020).

Sementara itu juru bicara koalisi Arab pimpinan Arab Saudi, Kolonel Turki al-Maliki mengatakan, tidak ada korban jiwa yang dicatat dari pecahan bom yang jatuh di Riyadh, di pusat kerajaan, dan kota Jizan di barat daya, yang terletak di Laut Merah berbatasan langsung dengan Yaman.

Juru bicara itu menambahkan bahwa penembakan rudal itu menunjukkan ancaman nyata kelompok Houthi dan rezim Iran yang mendukungnya. Ia menambahkan bahwa eskalasi ini tidak mencerminkan pengumuman kelompok itu bahwa mereka menyambut gencatan senjata.

Koalisi yang dipimpin Saudi turun tangan dalam perang saudara Yaman pada 2015 untuk mencoba memulihkan pemerintahan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi yang diakui secara internasional. Ia digulingkan oleh kelompok Houthi pada 2014. Puluhan ribu orang tewas dalam konflik yang banyak dilihat sebagai perang proksi antara Arab Saudi dan Iran.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4559 seconds (0.1#10.140)