Kasus Virus Corona Capai 554, Afrika Selatan Segera Lockdown

Selasa, 24 Maret 2020 - 19:03 WIB
Kasus Virus Corona Capai 554, Afrika Selatan Segera Lockdown
Kasus Virus Corona Capai 554, Afrika Selatan Segera Lockdown
A A A
JOHANNESBURG - Afrika Selatan mengonfirmasi jumlah kasus virus corona meningkat menjadi 554 pada Selasa (24/3), dari sebelumnya 402.

Perusahaan dan pertokoan pun mulai membuat rencana untuk menghadapi lockdown nasional mulai tengah malam pada Kamis (26/3).

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengumumkan 21 hari lockdown dalam pidatonya. Dia menyatakan ekonomi paling maju di Afrika itu diperlukan untuk merespon pencegahan wabah virus corona.

Afrika Selatan memiliki jumlah tertinggi kasus virus corona yang dikonfirmasi di Afrika. Para pakar kesehatan publik khawatir virus itu dapat mengalahkan sistem kesehatan negara itu jika tingkat infeksi terus meningkat tajam.

Pejabat kesehatan yang bertugas memperkuat kapasitas tes virus dan mengembangkan rencana untuk menjamin ketersediaan tempat tidur di unit perawatan intensif.

“Jumlahnya, kita tidak boleh terkejut saat kita melihat angkanya meningkat. Tapi langkah itu jika kita semua bekerja sama harus mengubah situasi,” papar Menteri Kesehatan Zweli Mkhize.

Dia menjelaskan, Afrika Selatan dapat mencapai penurunan infeksi dua atau tiga pekan setelah lockdown berlaku.

“Dua pasien di perawatan intensif, tapi belum ada korban tewas akibat virus corona di negara ini,” ungkap Mkhize.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3665 seconds (0.1#10.140)