alexametrics

Lewat Surat, Trump Ajak Jong-un Kerjasama Perangi Covid-19

loading...
Lewat Surat, Trump Ajak Jong-un Kerjasama Perangi Covid-19
Lewat Surat, Trump Ajak Jong-un Kerjasama Perangi Covid-19
A+ A-
PYONGYANG - Media pemerintah Korea Utara (Korut), KCNA, melaporkan bahwa Kim Jong-un telah menerima surat dari Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Dalam surat tersebut, menurut KCNA, Trump menawarkan kerjasama untuk memerangi virus Corona baru, Covid-19.

KCNA menuturkan, dalam suratnya Trump mengaku terkesan dengan upaya Jong-un untuk membela rakyatnya dari ancaman virus Corona yang kini telah menjadi pandemi.

"Trump menyatakan niatnya untuk memberikan kerja sama dalam kerja anti-epidemi dan menyatakan bahwa ia terkesan dengan upaya yang dilakukan oleh Kim Jong-un untuk membela rakyatnya dari ancaman serius epidemi," kata KCNA, seperti dilansir South China Morning Post pada Minggu (22/3/2020)



"Surat itu juga menuturkan bahwa meskipun ada hubungan pribadi yang baik antara para pemimpin, jika ketidakberpihakan dan keseimbangan tidak disediakan dan niat serakah dan serakah tidak diambil, hubungan bilateral akan terus memburuk," sambungnya.

Gedung Putih sendiri sejauh ini belum memberikan pernyataan apapun mengenai surat tersebut. Sementara itu, sebelumnya Jong-un mengakui negaranya kekurangan fasilitas medis modern dan menyerukan perbaikan yang mendesak. Pengakuan ini muncul di tengah kekhawatiran tentang wabah virus Corona di negara miskin itu.

Dalam upacara peletakan batu pertama rumah sakit umum modern di Pyongyang pada awal pekan ini, Jong-un mengatakan penting bagi negara mengarahkan upayanya untuk menopang bidang kesehatan masyarakat. Disebutkan Kim Jong-un, pembangunan itu harus diselesaikan sebelum ulang tahun ke-75 pendiri Partai Pekerja yang berkuasa pada bulan Oktober mendatang.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top