AS Bantah Veto Pernyataan DK PBB Soal Situasi di Idlib

Senin, 09 Maret 2020 - 18:13 WIB
AS Bantah Veto Pernyataan DK PBB Soal Situasi di Idlib
AS Bantah Veto Pernyataan DK PBB Soal Situasi di Idlib
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) membantah telah memveto atau memblokir adopsi pernyataan Dewan Keamanan PBB (DK) yang menyetujui perjanjian yang dicapai oleh Rusia dan Turki tentang Idlib, Suriah pada pekan lalu. Washington menegaskan mendukung setiap upaya damai di Suriah.

Pekan lalu, seorang sumber PBB mengatakan, DK awalnya akan menyampaikan pernyataan yang berisi persetujuan perjanjian Rusia dan Turki soal Idlib. Namun, pernyataan itu, menurut sumber tersebut, gagal diadopsi karena ada keberatan dari AS.

"AS menghargai konsultasi di DK PBB mengenai Idlib. Berlawanan dengan laporan yang beredar, tidak ada veto atau pemblokiran apa pun," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Morgan Ortagus.

"AS akan terus memantau situasi keamanan di Suriah barat laut dan berkonsultasi dengan Turki mengenai pengaturan untuk gencatan senjata abadi," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Senin (9/3/2020).

Seperti diketahui, pekan lalu setelah pertemuan enam jam di Moskow, Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyetujui gencatan senjata di Idlib.

Putin dan Erdoga juga dilaporkan sepakat untuk membuat koridor keamanan sepanjang enam kilometer di utara dan selatan jalan raya M4 di Suriah, yang menghubungkan provinsi Latakia dan Aleppo.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6093 seconds (0.1#10.140)