Tornado 'Kembar' Terjang AS, 7 Tewas dan 40 Bangunan Rusak

Selasa, 03 Maret 2020 - 19:55 WIB
Tornado Kembar Terjang AS, 7 Tewas dan 40 Bangunan Rusak
Tornado 'Kembar' Terjang AS, 7 Tewas dan 40 Bangunan Rusak
A A A
NASHVILLE - Setidaknya tujuh orang tewas pada Selasa pagi ketika dua tornado mendarat di wilayah Tennessee tengah, dan merusak sekitar 40 bangunan di seluruh wilayah Nashville.

Pihak berwenang meminta kepada warga untuk tetap tinggal di dalam rumah, setidaknya hingga fajar menyingkap pemandangan berbahaya dengan dinding dan atap yang hancur, putusnya kabel listrik, dan pohon-pohon besar yang tumbang. Sekolah, pengadilan dan jalur transit ditutup, dan empat tempat pemungutan suara dipindahkan hanya beberapa jam sebelum pemungutan suara Super Selasa akan dimulai.

"Tornado melintasi seluruh wilayah," kata Wali Kota Nashville John Cooper saat mengunjungi tempat penampungan darurat pada Selasa (3/3/2020) pagi waktu setempat.

"Ada orang di rumah sakit dan terus terang ada korban jiwa," imbuhnya seperti dikutip dari AP.

Juru bicara Badan Manajemen Darurat Tennessee, Maggie Hannan, mengkonfirmasi jumlah awal korban tewas 7 orang. Sheriff dari Putnam dan Benton bergabung dengan Wali Kota Nashville dalam melaporkan korban tewas.

Tornado dekat pusat kota dilaporkan bergerak ke Hermitage, sekitar 16 kilometer timur kota. Area lain yang melaporkan kerusakan parah termasuk Mt. Juliet, pusat kota Nashville dan Germantown.

"Komunitas kami telah terkena dampak yang signifikan," Departemen Kepolisian Mt. Juliet mentweet pada Selasa pagi.

Beberapa rumah rusak dan dilaporkan banyak korban luka. ”Kami terus mencari yang terluka. Tetap di rumah jika Anda bisa," kata Departemen Kepolisian Mt. Juliet lagi.

Polisi Metro Nashville mengatakan petugas polisi dan petugas pemadam kebakaran menanggapi sekitar 40 bangunan yang runtuh di sekitar kota.

"Bandara John C. Tune mengalami kerusakan signifikan karena cuaca buruk," kata juru bicara Kim Gerlock dalam sebuah pernyataan Selasa pagi dini hari.

Ia mengatakan beberapa hangar sister airport dari Nashville International di Nashville Barat itu telah hancur dan kabel listrik putus. Ia menambahkan bahwa tidak ada korban luka.

Gerlock meminta agar masyarakat menghindari bandara sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dan Otoritas Bandara telah mengaktifkan Pusat Operasi Daruratnya untuk mengoordinasikan respons.

Sebuah video yang diposting online dari Nashville timur menunjukkan apa yang tampak sebagai tornado yang bergerak dengan baik melintasi kota. Petir berulang kali menyala ketika sebagian besar kota berada dalam kegelapan. Deru angin bisa terdengar berhembus setelah tornado keluar dari pandangan.

Gambar di media sosial menunjukkan kerusakan besar pada bangunan, kabel-kabel yang robek pada kabel listrik yang jatuh dan struktur bangunan yang sekarang tidak dapat dikenali karena tornado telah membuatnya menjadi puing. Satu foto menunjukkan pagar vinil putih yang jatuh dari mobil. Yang lain menunjukkan atap dan dinding yang hilang dari bangunan yang masih memiliki kotak-kotak yang ditumpuk di rak.

Menurut WSMV-TV sebuah laporan kebocoran gas memaksa evakuasi gedung IMT di Germantown. Foto menunjukkan lusinan orang di jalan membawa barang-barang mereka tidak lama setelah tornado melewati kota.

Polisi Nashville mengatakan dalam sebuah tweet bahwa dua orang meninggal di East Nashville telah dilaporkan ke pihaknya tetapi tidak mengatakan apakah kematiannya telah dikonfirmasi.

Palang Merah Amerika di Tennessee mengatakan pada akun Twitter-nya bahwa sebuah tempat penampungan telah dibuka untuk penduduk yang dipindahkan di pusat kota di Pasar Petani Nashville, tepat di utara Ibu Kota negara bagian itu.

Nashville Electric tweeted bahwa empat gardu induknya rusak akibat tornado. "Pemadaman listrik pada pukul 4 sore mempengaruhi lebih dari 44.000 pelanggan," kata perusahaan utilitas itu.

Sekolah Umum Metro Nashville mengatakan sekolahnya akan ditutup akibat kerusakan yang ditimbulkan tornado. Wilson County, di sebelah timur metro Nashville akan menutup sekolah untuk sisa minggu ini. Meski begitu, situs-situs pemungutan suara pemilihan di sekolah-sekolah diharapkan tetap terbuka, demikian juga kantor-kantor distrik, menurut tweet dari akun resminya.

Jeff Roberts dari Komisi Pemilihan Umum mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa informasi tentang kerusakan tempat pemungutan suara sedang dikumpulkan ketika tempat pemungutan suara terbuka untuk Super Tuesday. Setiap pemilih di Davidson yang tempat pemungutan suaranya terken dampak tornado dapat memberikan suara di Kantor Komisi Pemilihan Umum, bunyi pernyataan itu. Pemungutan suara terbuka di berbagai waktu, mulai pukul 7 pagi waktu CST, tergantung daerahnya.

Badai diperkirakan membawa tornado yang terisolasi, angin yang merusak dan hujan es besar, lapor kantor berita. Hujan deras diperkirakan akan berdampak pada negara-negara Pantai Teluk selama beberapa hari ke depan, menurut WTVF-TV.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6409 seconds (0.1#10.140)