Putin: Trump Pernah Curhat Soal Anggaran Pertahanan AS

Senin, 02 Maret 2020 - 18:35 WIB
Putin: Trump Pernah Curhat Soal Anggaran Pertahanan AS
Putin: Trump Pernah Curhat Soal Anggaran Pertahanan AS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump pernah curhat kepada dirinya mengenai anggaran pertahanan AS. Trump, menurut Putin, mengeluhkan anggaran pertahanan AS yang terlalu besar.

Putin mengatakan, berdasarkan informasi yang dia dapat dari Trump, Washington membelanjakan jauh lebih banyak untuk pertahanan daripada Moskow. Anggaran pertahanan Rusia dilaporkan berkisar di USD 50 miliar.

"Trump memberi tahu saya, mereka telah mengadopsi anggaran besar untuk tahun depan, saya pikir anggarannya mencapai USD 738 miliar. Dia mengatakan itu dengan penyesalan," kata Putin dalam sebuah pernyataan.

"Biayanya terlalu tinggi. Tetapi dia harus melakukannya. Dia sebenarnya menganjurkan perlucutan senjata, seperti yang dia katakan," sambungnya, seperti dilansir Tass pada Senin (2/3/2020).

Menurut situsglobalfirepower.com, AS masih menjadi negara yang paling boros dalam belanja pertahanan, di susul China dan India di posisi kedua dan ketiga. Meski China berada di posisi kedua, anggaran pertahanan Beijing dan Washington masih seperti bumi dan langit.

China diketahui memiliki anggaran belanjara pertahanan sebesar USD 67 miliar atau kurang dari 10 persen dari anggaran pertahanan AS. Sementara itu, Rusia berada di posisi kedelapan, di bawah Jepang, Jerman, Arab Saudi dan Inggris.

(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5990 seconds (0.1#10.140)