Meski Belum Tahu, China Sambut Baik Usulan RI Lawan Virus Corona

Jum'at, 21 Februari 2020 - 14:40 WIB
Meski Belum Tahu, China Sambut Baik Usulan RI Lawan Virus Corona
Meski Belum Tahu, China Sambut Baik Usulan RI Lawan Virus Corona
A A A
JAKARTA - Pemerintah China mengatakan pihaknya akan menyambut baik setiap usulan atau proposal kerjasama dari ASEAN untuk melawan epidemi Covid-19, termasuk usulan dari Indonesia. Meski demikian, Beijing mengaku belum mengetahui usulan seperti apa yang disampaikan Jakarta.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi dalam pertemuan khusus ASEAN-China mengenai wabah Corona baru, Covid-19, Kamis kemarin mengusulkan pembentukan gugus tugas untuk melawan penyebaran virus tersebut.

Duta Besar China untuk ASEAN, Deng Xijun, mengatakan dia sejatinya belum mendapatkan informasi mengenai proposal Indonesia tersebut. Namun, dia memastikan China akan menyambut semua proposal yang bersifat produktif dan bisa diandalkan untuk menghalau penyebaran Covid-19.

"Sebenarnya itu bagian penting dari kerjasama kami antara China dan negara-negara ASEAN dan sama seperti saya sebutkan bahwa China terus berbagi informasi dengan sangat baik dan cepat," kata Deng pada hari Jumat (21/2/2020).

"Jadi, apa pun inisiatif atau usulanya, kerjasama yang kondusif untuk merespons penyebaran virus, untuk menanggulangi penyebaran virus secara produktif akan mendapat dukungan China," ujarnya.

Menurutnya, saat ini sejatinya sudah ada kerjasama berbagi informasi antara ASEAN, China, Jepang dan Korea Selatan (Korsel) mengenai Covid-19. Kerjasama yang melibatkan para ahli dan dokter dari ke-13 negara ini telah berjalan sejak awal Februari.

"Sudah ada konferensi video antara para ahli, dokter untuk berbagi informasi. Juga, hampir bersamaan dengan pertemuan Menteri Luar Negeri (ASEAN-China), dokter klinis China-ASEAN, para ahli, juga melakukan konferensi video untuk membahas Covid-19," paparnya.

"Jadi, saya pikir semakin sering adanya pertukaran informasi akan sangat membantu China dan ASEAN untuk bagaimana cara memerangi, bagaimana mencegah dan mengendalikan virus, dan yang paling penting bagaimana memenangkan pertempuran melawan virus Corona," imbuh Deng.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5056 seconds (0.1#10.140)