Kata Dubes Deng, Wabah Covid-19 Tak Ganggu Hubungan China-ASEAN

Jum'at, 21 Februari 2020 - 14:04 WIB
Kata Dubes Deng, Wabah Covid-19 Tak Ganggu Hubungan China-ASEAN
Kata Dubes Deng, Wabah Covid-19 Tak Ganggu Hubungan China-ASEAN
A A A
JAKARTA - Duta Besar (Dubes) China untuk ASEAN, Deng Xijun, mengatakan dia yakin pandemi Covid-19 tidak akan mengganggu hubungan dan kerjasama antara negaranya dan ASEAN. Menurutnya, kedua pihak telah menyepakati sejumlah kerjasama untuk melawan penyebaran virus Corona baru tersebut.

Dalam konferensi pers di kantor Misi China untuk ASEAN di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Deng mengatakan ASEAN adalah mitra strategis China. Oleh karena itu, kemarin Menteri Luar Negeri kedua pihak melakukan pertemuan khusus untuk membahas cara-cara mengadapi penyebaran virus Corona baru.

Dalam pertemuan itu China dan ASEAN menyepakati sejumlah kerjasama, mulai dari pembangunan kapasitas hingga berbagi informasi mengenai Covid-19. Selain itu, turut dibahas juga mengenai kelanjutan kerjasama ekonomi kedua pihak usai wabah mereda nanti.

"Saya yakin setelah ini, hubungan substansial kedua belah pihak pasti berlanjut dan beberapa proyek kerjasama yang turut terpengaruh oleh pandemi akan kembali berjalan," katanya pada hari Jumat (21/2/2020).

"Saya berharap epidemi akan terkendali dan dapat diselesaikan, dan semua pertukaran kerjasama, perdagangan dan investasi kembali normal. Selama periode epidemi, kami tetap bekerja sama dengan erat," ujarnya.

Korban keganasan Covid-19 terus berjatuhan. Secara global, korban meninggal akibat virus itu mencapai 2.247 dan 76.199 orang terkonfirmasi telah terinfeksi.

Dari jumlah itu, mayoritas mereka yang meninggal berasal dari China yaitu 2.237 orang. Sedangkan korban meninggal lainnya berasal dari Jepang 3 orang (termasuk dua penumpang kapal pesiar Diamond Princess), Hong Kong 2 orang, Taiwan 1 orang, Filipina 1 orang, Prancis 1 orang, dan Iran 2 orang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5846 seconds (0.1#10.140)