Indonesia di DK PBB: Hentikan Kekerasan di Idlib

Kamis, 20 Februari 2020 - 23:58 WIB
Indonesia di DK PBB: Hentikan Kekerasan di Idlib
Indonesia di DK PBB: Hentikan Kekerasan di Idlib
A A A
NEW YORK - Indonesia meminta agar kekerasan yang tengah terjadi di wilaya Idlib, Suriah saat ini untuk segera dihentikan. Indonesia juga mendorong semua pihak kunci untuk mengembalikan ketenangan di wilayah serta tidak memperpanjang penderitaan para warga sipil.

Hal itu dikatakan Perwakilan Tetap Indonesia untuk PBB, Dian Triansyah Djani, pada pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai Suriah.

Djani menekankan bahwa kesepakatan gencatan senjata harus dihormati. Menurut PBB, sejak eskalasi dimulai pada 1 Desember 2019, terdapat 900 ribu orang terlantar dan kehilangan tempat tinggal, mayoritas perempuan dan anak-anak. Terdapat laporan bahwa bayi dan anak kecil meninggal akibat cuaca dingin yang sangat ekstrem di wilayah ini.

Sementara itu, bantuan kemanusiaan yang dilakukan PBB dan mitra kemanusiaan lain sudah kewalahan memenuhi permintaan di lapangan.

Indonesia menilai kondisi yang positif sangat penting untuk memajukan proses politik Suriah, khususnya Komite Konstitusional. Indonesia yakin bahwa pihak-pihak Suriah akan selalu siap untuk berdialog dan melanjutkan koordinasi, dengan fasilitasi dari PBB.

“Kompleksitas konflik Suriah jangan ditambah dengan aksi-aksi maupun retorika yang semakin memprovokasi dan memperparah situasi yang ada,” Djani menambahkan seperti tertuang dalam rilis yang diterima Sindonews, Kamis (20/2/2020).

"Saat ini merupakan waktunya untuk menahan diri dan mencari solusi konkret bagi Suriah," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6542 seconds (0.1#10.140)