Masa Karantina Berakhir, Penumpang Diamond Princess Turun dari Kapal

Rabu, 19 Februari 2020 - 14:52 WIB
Masa Karantina Berakhir, Penumpang Diamond Princess Turun dari Kapal
Masa Karantina Berakhir, Penumpang Diamond Princess Turun dari Kapal
A A A
TOKYO - Para penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina selama dua minggu di pelabuhan Jepang, Yokohama, sudah diperbolehkan turun, Rabu (19/2/2020).

Dikutip dari Euronews, hanya penumpang yang bebas dari infeksi virus Corona Covid-19 yang dipulangkan. Meski begitu, mereka juga akan diisolasi lebih lanjut begitu sampai di tempat asalnya.

Meskipun dikenakan kontrol yang ketat, ratusan orang dinyatakan positif terkena virus Corona Covid-19 ketika berada di kapal pesiar Diamond Princess.

Sebanyak 542 orang dari hampir 4.000 penumpang dan awak kapal terinfeksi virus Corona Covid-19. Angka ini adalah yang terbanyak dari semua lokasi dan wilayah di luar China.

Para ahli medis menyebut karantina itu gagal. Kapal itu tampaknya hanya berfungsi sebagai inkubator untuk virus, bukan sebagai fasilitas isolasi yang dimaksudkan untuk mencegah memburuknya wabah.

Di China, jumlah infeksi baru di luar kota Wuhan yang menjadi pusat epidemi telah menunjukkan penurunan.

Sementara itu Rusia mengatakan untuk sementara waktu melarang warga negara China masuk ke negara itu. Pihak berwenang telah merawat ratusan orang sebagai tindakan pencegahan setelah mereka kembali dari China.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan meskipun banyak orang terpapar dalam bentuk penyakit yang sangat ringan, namun sebagian besar - sekitar 20 persen - menjadi sakit yang parah atau kritis.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5913 seconds (0.1#10.140)