Ikuti Jejak AS, Jepang Akan Gunakan Remdesivir untuk Obati COVID-19

Kamis, 07 Mei 2020 - 15:23 WIB
loading...
Ikuti Jejak AS, Jepang Akan Gunakan Remdesivir untuk Obati COVID-19
Jepang akan menggunakan remdesivir untuk pengobatan COVID-19. Foto/Discover Magazine
A A A
TOKYO - Jepang berencana untuk mengesahkan penggunaan obat remdesivir untuk mengobati pasien virus Corona baru, COVID-19. Meski begitu, Jepang tetap memberikan persetujuan untuk penggunaan Avigan.

Ini akan membuat Jepang negara kedua setelah Amerika Serikat (AS) yang menggunakan obat tersebut untuk kasus COVID-19 yang parah.

"Jika tidak ada masalah, kami berharap untuk segera menyetujui (penggunaan obat remdesivir) hari ini di panel peraturan kementerian kesehatan," ujar juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga, seperti dikutip dari AFP, Kamis (7/5/2020).

Sedangkan Avigan, yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang Fujifilm Toyama Chemical, Suga mengatakan pemerintah juga bertujuan untuk menyetujuinya bulan ini jika uji klinis yang melibatkan 100 pasien terbukti efektif.

Obat, yang nama generiknya adalah favipiravir, disetujui untuk digunakan di Jepang pada 2014 tetapi hanya pada wabah flu yang tidak ditangani secara efektif oleh obat yang ada.

Obat ini tidak tersedia di pasar dan hanya dapat diproduksi dan didistribusikan atas permintaan pemerintah Jepang.

Favipiravir, yang dapat dipakai secara oral sebagai pil, bekerja dengan menghalangi kemampuan virus untuk bereplikasi di dalam sel.

Remdesivir memasukkan dirinya ke dalam genom virus, menyebabkan proses replikasi hubungan pendek.

Avigan telah ditunjukkan dalam penelitian pada hewan untuk mempengaruhi perkembangan janin, yang berarti tidak diberikan kepada wanita hamil.

Perdana Menteri Shinzo Abe pekan lalu mengatakan pemerintah Jepang sedang bersiap-siap untuk memberikan lampu hijau yang cepat untuk obat eksperimental yang dikembangkan oleh perusahaan AS Gilead Sciences.

Langkah maju AS datang setelah uji klinis utama menunjukkan remdesivir - yang awalnya dikembangkan untuk mengobati Ebola - mempersingkat waktu pemulihan pada beberapa pasien hingga sepertiganya.

Remdesivir, yang diberikan melalui suntikan, sudah tersedia untuk beberapa pasien yang terdaftar dalam uji klinis di seluruh dunia.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0894 seconds (0.1#10.140)