Soal Penolakan WNI dari Wuhan, China: Tidak Perlu Panik

Jum'at, 07 Februari 2020 - 23:52 WIB
Soal Penolakan WNI dari Wuhan, China: Tidak Perlu Panik
Soal Penolakan WNI dari Wuhan, China: Tidak Perlu Panik
A A A
JAKARTA - Ribuan warga Natuna sempat menolak daerah mereka dijadikan tempat observasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China. Mereka bahkan menggelar aksi demonstrasi dan terlibat keributan dengan aparat.

Terkait hal tersebut, China pun angkat bicara. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying mengatakan, masyarakat Indonesia tidak perlu panik dengan kedatangan WNI asal Wuhan.

"WHO telah menjelaskan bahwa 2019-nCoV bukanlah pandemi. Kami berharap setiap orang dapat menilai situasi epidemi dengan cara yang tenang, rasional dan berbasis sains dan tidak membeli desas-desus atau bereaksi berlebihan," kata Chunying dalam rilis yang diterima Sindonews, Jumat (7/2/2020).

Chuying mengungkapkan sejak merebaknya epidemi, China bekerja keras untuk memastikan keselamatan dan kesehatan warga negara asing di Provinsi Hubei, temasuk di kota Wuhan.

"Kami juga menawarkan bantuan dan fasilitasi yang diperlukan bagi mereka," ungkap Chunying.

Ia pun tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya begitu mengetahui tidak ada mahasiswa yang terinfeksi virus Corona.

"Saya senang mendengar bahwa para pelajar Indonesia dalam kondisi baik, dan ketika epidemi berakhir, mereka dipersilakan untuk kembali dan melanjutkan studi dan kehidupan mereka di China," ucap Chunying.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7332 seconds (0.1#10.140)