Hendak Dievakuasi, WNI Telah Berkumpul di Bandara Wuhan

Sabtu, 01 Februari 2020 - 20:48 WIB
Hendak Dievakuasi, WNI Telah Berkumpul di Bandara Wuhan
Hendak Dievakuasi, WNI Telah Berkumpul di Bandara Wuhan
A A A
JAKARTA - Ratusan warga negara Indonesia telah berkumpul di bandara Tianhe Wuhan, China. Mereka tengah bersiap untuk dievakuasi dari wilayah yang menjadi pusat penyebaran virus Corona tersebut.

Berdasarkan sejumlah foto yang diterima Sindonews dari KBRI Beijing, Sabtu (1/2/2020), ratusan WNI tersebut diangkut menggunakan bus ke bandara Tianhe, Wuhan, China. Berdasarkan keterangan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), mereka telah bergerak sejak Sabtu sore dan langsung dipimpin oleh diplomat Kemlu. Namun sebelum itu, mereka tampaknya di data terlebih dahulu oleh pihak KBRI Beijing.

Sesampainya di bandara, para WNI yang berjumlah 241 orang tersebut kembali di data dan diberikan makanan. Mereka juga tampak mendapatkan sedikit pengarahan.

Seperti diwartakan sebelumnya, pemerintah telah mengirimkan Satgas Penjemputan Warga Negara Indonesia (WNI) di Bandara Internasional Soekarno – Hatta, Tangerang, Banten, yang terdiri dari 42 orang.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan, 42 orang tim evakuasi itu terdiri dari perwakilan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, dan Kru Batik Air. Sedangkan jumlah WNI di China yang akan dievakuasi sebanyak 245 orang, dan lima orang tim aju yang sudah tiba di lokasi sejak kemarin.

Pihak berwenang China telah menangguhkan perjalanan udara, jalan raya, dan kereta api di daerah sekitar Wuhan dan provinsi Hubei. Mereka memberlakukan pembatasan perjalanan dan kegiatan lainnya di seluruh negeri setelah wabah virus nCov-2019.

Virus Corona Wuhan telah sejauh ini telah merenggut 259 nyawa di China dan menjangkiti sekitar 11.800 orang. Virus ini juga telah menyebar di setidaknya 20 negara, termasuk di Inggris dan AS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7372 seconds (0.1#10.140)