China Rilis Video 20 Pasien Virus Corona Berhasil Disembuhkan

Sabtu, 01 Februari 2020 - 14:51 WIB
China Rilis Video 20 Pasien Virus Corona Berhasil Disembuhkan
China Rilis Video 20 Pasien Virus Corona Berhasil Disembuhkan
A A A
BEIJING - China menunjukkan upayanya dalam memerangi wabah virus Corona Wuhan. Terbaru, otoritas China merilis rekaman 20 pasien yang bersorak saat mereka keluar dari rumah sakit setelah berhasil sembuh dari serangan virus mematikan tersebut.

Klip berdurasi 11 detik itu diperlihatkan oleh media milik pemerintah China. Dalam klip singkat itu terlihat sejumlah mantan penderita virus Corona merayakan dan menunjukkan tanda "V" sambil meninggalkan Rumah Sakit Jinyintan di Wuhan, tempat berkembang biaknya epidemi tersebut.

Rumah Sakit Jinyintan adalah salah satu fasilitas utama yang merawat pasien virus Corona di Wuhan, tempat virus muncul pada akhir bulan lalu.

Menurut Stasiun Radio dan TV Hubei para pasien tersebut diizinkan pulang pada jam 5 sore waktu setempat hari Jumat kemarin setelah melewati berbagai tes medis.

"Ini adalah pertama kalinya begitu banyak pasien yang sembuh pada hari yang sama," kata stasiun itu seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (1/2/2020).

Sementara itu sebuah video yang dirilis program berita Long Shang Xing menunjukkan pria dan wanita bertopeng berjalan keluar dari gedung rumah sakit dengan penuh semangat.

Sebelumnya pada hari Rabu, seorang pasien berusia 23 tahun di provinsi Shanxi diarak di depan kamera setelah menjadi orang pertama yang berhasil melawan virus di provinsi tersebut.

Dua puluh enam pasien pulih dan meninggalkan rumah sakit pada Kamis lalu, termasuk 21 di Wuhan, dua di Xiaogan, satu di Huanggang dan dua di Shenongjia. (Baca: UPDATE-Virus Corona China: 170 Tewas, 7.711 Kasus, 170 Sembuh )

Klip ini muncul ketika China mengakui terlambat untuk bereaksi terhadap wabak virus Corona, yang telah memicu kepanikan global. Sebanyak 259 orang meninggal akibat serangan virus yang diberi nama nCov-2019 ini. China juga dituding telah menutup jumlah kematian yang diduga lebih tinggi. (Baca: Virus 'Iblis' Corona Cengkeram Wuhan, Partai Komunis Cela Diri Sendiri )

Sekitar 56 juta penduduk di provinsi Hubei, dengan Ibu Kota Wuhan yang menjadi pusat penyebaran virus, telah dikarantina. Wuhan, yang memiliki 11 juta penduduk biasa, telah berubah menjadi kota hantu karena diisolasi.

Pemerintah pusat telah mengirim lebih dari 6.000 pekerja medis ke Hubei untuk membantu merawat penduduk setempat yang sakit, dan para pejabat telah memerintahkan tiga rumah sakit khusus virus Corona untuk dibangun.

(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4853 seconds (0.1#10.140)