Jaga Kesehatan Mental WNI di Wuhan, Kemlu Siapkan Psikolog

Jum'at, 31 Januari 2020 - 14:47 WIB
Jaga Kesehatan Mental...
Jaga Kesehatan Mental WNI di Wuhan, Kemlu Siapkan Psikolog
A A A
JAKARTA - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia, Judha Nugraha, menuturkan pihaknya terus memastikan kondisi WNI di Provinsi Hubei dalam kondisi baik.

Menurut Judha, pihaknya juga berupaya menjaga kesehatan mental para WNI di kota China yang dilanda wabah virus Corona baru, 2019-nCoV , tersebut.

"Jadi salah satu upaya selain proses evakuasi, tentu adalah menjaga daya stamina 245 warga kita yang ada di tujuh kota yang dikarantina, dan juga untuk menjaga psikologis mereka," kata Judha pada Jumat (31/1/2020). (Baca: KBRI Beijing Imbau Para WNI Segera Tinggalkan China )

"Untuk itu Kementerian Luar Negeri sudah menyiapkan psikolog untuk memberikan jasa konseling kepada para WNI kita untuk memberikan semangat bagi mereka sambil menunggu proses evakuasinya berjalan, dan layanan itu sudah dimanfaatkan oleh teman-teman kita di Wuhan ," paparnya.

Sementara itu, terkait karatina WNI yang akan dipulangkan dari Hubei, juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah mengatakan ada tim lintas kementerian yang akan melaporkan kesiapan di lapangan. (Baca juga: Tim KBRI Beijing Hampir Masuk Wuhan untuk Evakuasi WNI )

"Memang ada pembagian tugas yang sangat jelas, kita (di) Kementerian Luar Negeri akan mengawasi atau memimpin proses dari persiapan hingga pemulangan saat tiba di Tanah Air, nanti ada tim di bawah Kementerian Kesehatan," paparnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)