KBRI Beijing Imbau Para WNI Segera Tinggalkan China

Jum'at, 31 Januari 2020 - 11:42 WIB
KBRI Beijing Imbau Para WNI Segera Tinggalkan China
KBRI Beijing Imbau Para WNI Segera Tinggalkan China
A A A
BEIJING - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing mengimbau para warga negara Indonesia (WNI) di seluruh wilayah China untuk segera meninggalkan negara tersebut. Imbauan ini muncul setelah virus Corona jenis baru, 2019-nCoV, sudah membunuh 213 orang dan telah menyebar di seluruh wilayah negeri Tirai Bambu tersebut.

"Menyikapi merebaknya wabah virus Corona di China akhir-akhir ini, bagi WNI di seluruh China sekiranya tidak ada kepentingan yang mendesak, kami mengimbau untuk kembali ke Indonesia sampai situasi normal kembali," bunyi surat keterangan yang ditandatangani Koordinator Fungsi Protokol dan Kekonsuleran KBRI Beijing Ichsan Firdaus tertanggal 29 Januari 2019. (Baca: Bak Zombie, Para Korban Virus Wuhan di China Ambruk di Jalan-jalan )

Imbauan KBRI Beijing hampir bersamaan dengan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memerintahkan evakuasi sekitar 250 WNI dari Provinsi Hubei, China. Provinsi Hubei adalah wilayah di mana virus itu pertama kali muncul dan mewabah, khususnya di kota Wuhan.

Perintah evakuasi dari Jokowi muncul setelah pertemuan kabinet. (Baca juga: UPDATE-Virus Corona China: 213 Orang Meninggal, 9.096 Terinfeksi )

Pemerintah Indonesia menyatakan sedang membuat persiapan domestik dan tim KBRI Beijing di China membantu memfasilitasi perjalanan dan dokumen.

Indonesia akan mengirim dua pesawat Boeing 737 dan satu pesawat militer C-130 Hercules untuk evakuasi. Keterangan ini disampaikan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Proses evakuasi diharapkan dimulai pada hari Sabtu besok.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6301 seconds (0.1#10.140)