AS Kembangkan Vaksin Anti Virus Corona Wuhan

loading...
AS Kembangkan Vaksin Anti Virus Corona Wuhan
AS Kembangkan Vaksin Anti Virus Corona Wuhan
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) tengah mengembangkan vaksin untuk melawan virus Corona Wuhan yang mematikan. Untuk itu, AS mendesak Beijing untuk meningkatkan kerja sama dengan otoritas kesehatan internasional.

Pemerintah AS ingin menempatkan timnya sendiri di lapangan untuk meninjau data mentah dan mempelajari lebih lanjut tentang patogen, yang sejauh ini telah merenggut lebih dari 100 nyawa.

"Kami sudah mulai di NIH dan dengan banyak kolaborator kami tentang pengembangan vaksin," kata pejabat National Institutes for Health (NIH) Anthony Fauci kepada wartawan seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (29/1/2020).

Ia menuturkan bahwa prosesnya akan memakan waktu tiga bulan untuk memulai percobaan pertama, tiga bulan lagi untuk mengumpulkan data, sebelum dapat pindah ke fase kedua.

"Tetapi kami sedang melanjutkan seolah-olah kami harus menggunakan vaksin," ujar Fauci.

"Dengan kata lain, kita sedang melihat skenario terburuk bahwa ini menjadi wabah yang lebih besar," imbuhnya.



China dikecam keras karena penanganan epidemi Pernafasan Akut Parah (SARS) 2002-2003, yang merenggut ratusan nyawa, sebagian besar di China daratan dan di Hong Kong.

"Selama darurat kesehatan itu, para ilmuwan mulai mengembangkan vaksin, tetapi tidak pernah digunakan," ungkap Fauci.

Secara terpisah, kepala petugas ilmiah Johnson & Johnson mengatakan kepada AFP bahwa perusahaannya juga sedang mengembangkan vaksin yang sama.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top