Dubes Inggris Bantah Terlibat Dalam Aksi Demonstrasi di Teheran

Minggu, 12 Januari 2020 - 19:47 WIB
Dubes Inggris Bantah Terlibat Dalam Aksi Demonstrasi di Teheran
Dubes Inggris Bantah Terlibat Dalam Aksi Demonstrasi di Teheran
A A A
TEHERAN - Duta Besar Inggris untuk Iran, Rob Macaire membantah terlibat, terlebih turut menggorganisir aksi demonstasi di Teheran. Macaire sempat ditahan otoritas Iran karena dituding turut menggorganisir aksi demonstrasi, terkait dengan tragedi pesawat Ukraina di Teheran.

Melalui akun Twitternya, Macaire mengatakan bahwa dia datang ke sebuah acara untuk menghormati para korban tragedi pesawat Ukraina dan bukan ke aksi demonstrasi.

"Terima kasih atas banyak pesan niat baik. Dapat mengonfirmasi bahwa saya tidak ikut serta dalam demonstrasi apa pun!" tegas Macaire, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (12/1/2020).

"Saya mendatangi sebuah acara yang diiklankan sebagai peringatan bagi para korban tragedi PS752. Normal untuk mau memberikan penghormatan, beberapa korban adalah orang Inggris. Saya pergi setelah 5 menit, ketika beberapa mulai menerikan slogan-slogan," sambungnya, merujuk pada pesawat Ukraina yang jatuh di Teheran.

Macaire kemudian mengatakan dia ditahan selama kurang lebih setengah jam. "Menangkap seorang diplomat adalah tindakan ilegal di semua negara," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab mengecam penangkapan Macaire. Raab menuturkan, meskipun Macaire hanya ditahan selama beberapa jam, tapi tetap saja hal itu merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional. Terlebih, papar Raab, penangkapan itu dilakukan tanpa alasan yang jelas.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5078 seconds (0.1#10.140)