Morales Klaim AS Tawarkan Pesawat untuk Membawanya Kabur dari Bolivia

Sabtu, 16 November 2019 - 06:23 WIB
Morales Klaim AS Tawarkan...
Morales Klaim AS Tawarkan Pesawat untuk Membawanya Kabur dari Bolivia
A A A
MEXICO CITY - Mantan Presiden Bolivia, Evo Morales, dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) menawarkan sebuah pesawat untuk mengeluarkannya dari Bolivia.

“Amerika Serikat telah memanggil menteri luar negeri (Bolivia) untuk menawarkan mengirimi kami sebuah pesawat untuk membawa kami ke tempat yang kami inginkan. Saya yakin itu Guantanamo,” kata Morales, tersenyum seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (16/11/2019).

Morales mengundurkan diri di bawah tekanan awal pekan ini dan melarikan diri dari Bolivia setelah aksi protes dan kekerasan setelah pemilihan 20 Oktober yang ternoda oleh tuduhan penipuan yang meluas. Dia kemudian diberikan suaka oleh Meksiko.

Sebelumnya Morales menyebut bahwa AS adalah konspirator besar di balik kudeta yang memaksanya ke pengasingan di Meksiko. Dia juga mengungkapkan, bahwa ia terkejut dengan apa yang ia lihat sebagai "pengkhianatan" dari Komandan Kepala Angkatan Bersenjata Bolivia, William Kaliman.

"Saya sadar bahwa pasukan Angkatan Darat Bolivia berencana untuk memberontak terhadap para pejabat militer yang mendesaknya untuk mengajukan pengunduran diri," ucap Morales. (Baca: Morales Sebut AS di Balik Kudeta Terhadap Dirinya )
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9761 seconds (0.1#10.140)