Iran Siap Rilis Video Penahanan Inspektur IAEA

Minggu, 10 November 2019 - 04:01 WIB
Iran Siap Rilis Video Penahanan Inspektur IAEA
Iran Siap Rilis Video Penahanan Inspektur IAEA
A A A
TEHERAN - Iran mengatakan bahwa mereka siap untuk merilis video penahanan seorang inspektur Badan Energi Atom Internasional (IAEA), jika dibutuhkan. Iran menahan inspektur IAEA tersebut karena dianggap membawa dokumen sensitif.

"Jika perlu kami bahkan akan menyajikan rekaman ini," kata juru bicara Badan Enegeri Atom Iran, Behrouz Kamalvandi dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (10/11/2019).

"Pemerintah Iran berbicara secara hukum tidak melakukan kesalahan dalam memblokir inspektur IAEA dari fasilitas nuklir Natanz pada 28 Oktober," sambungnya.

Iran pada Kamis lalu mengatakan telah membatalkan akreditasi inspektur IAEA setelah dia memicu alarm pekan lalu di pintu masuk ke pabrik pengayaan uranium Natanz. Alarm selama pemeriksaan di pintu masuk ke pabrik di Iran tengah telah menimbulkan kekhawatiran bahwa dia bisa saja membawa produk yang dicurigai.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mendesak Iran memberikan hak-hak dan kekebalan kepada inspektur IAEA tersebut.

"Inspektur IAEA harus diizinkan untuk melakukan pekerjaan kritis mereka tanpa hambatan. Kami menyerukan Iran untuk segera menyelesaikan semua masalah terbuka dengan IAEA dan untuk memberikan hak dan kekebalan kekebalan kepada lembaga pemeriksa, yang menjadi hak mereka," ucap Pompeo.

Pompeo lalu menyebut tindakan Iran menahan inspektur IAEA adalah tindakan intidimasi. Dia juga mengatakan bahwa bahan-bahan nuklir yang tidak dideklarasikan Iran dibahas dalam pertemuan Dewan IAEA baru-baru ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6172 seconds (0.1#10.140)