Iran Kurangi Komitmen Kesepakatan Nuklir, UE Was-was

Selasa, 05 November 2019 - 21:42 WIB
Iran Kurangi Komitmen...
Iran Kurangi Komitmen Kesepakatan Nuklir, UE Was-was
A A A
BRUSSELS -

Uni Eropa (UE) menyatakan, keputusan Iran untuk mengambil langkah baru untuk mengurangi komitmen terhadap kesepakatan nuklir adalah sesuatu hal yang mengkhawatikan. UE menyebut hal ini mengancam kesepakatan yang diteken pada 2015 itu.

"Kami prihatin dengan pengumuman Presiden (Hassan) Rouhani untuk lebih mengurangi komitmen Iran di bawah Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA)," kata seorang juru bicara UE menggunakan nama resmi kesepakatan nuklir.

"Kami mendesak Iran untuk membalik semua kegiatan yang tidak konsisten dengan komitmennya di bawah JCPOA, semakin sulit untuk melestarikan JCPOA," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Selasa (5/11/2019).

Sebelumnya, Rouhania mengatakan, Iran akan mengambil langkah baru mengurangi komitmen pada kesepakatan nuklir dengan memasukkan gas ke sentrifugal di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fordow.

"Semua langkah Iran yang telah diambil untuk mengurangi komitmennya pada kesepakatan nuklir itu dapat dicabut dan Iran akan melaksanakan semua komitmennya sesuai kesepakatan saat sisa penandatangan melakukan langkah yang sama," papar Rouhani.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0736 seconds (0.1#10.140)