Riyadh Akan Jadi Tuan Rumah BIENALSUR 2019

Sabtu, 02 November 2019 - 06:31 WIB
Riyadh Akan Jadi Tuan Rumah BIENALSUR 2019
Riyadh Akan Jadi Tuan Rumah BIENALSUR 2019
A A A
RIYADH - Museum Nasional Riyadh Arab Saudi akan menjadi tuan rumah edisi kedua biennale seni perjalanan kontemporer pertama di dunia "BIENALSUR 2019". Gelaran ini akan dihelat selama satu bulan penuh mulai dari 5 November hingga 5 Desember 2019.

Ini untuk pertama kalinya BIENALSUR, biennale Amerika Selatan, diadakan di Timur Tengah. Arab Saudi akan menjadi destinasi terakhir dari acara ini setelah melakukan perjalanan melintasi lima benua.

Kementerian Kebudayaan Arab Saudi menyelenggarakan acara tersebut bekerja sama dengan Universitas Nasional Tres de Febrero, Argentina. Biennale dimulai Mei lalu di Argentina sebelum pindah ke lebih dari 100 tempat di seluruh dunia seperti dikutip dari Saudi Gazette, Sabtu (2/11/2019).

Setelah penyebaran kartografi unik secara serentak di seluruh dunia, dengan pameran oleh 400 seniman di 43 kota di 23 negara, BIENALSUR menutup edisi 2019 di Riyadh.

Kehadiran BIENALSUR di Arab Saudi adalah bagian dari membina dialog, perdamaian, dan integrasi antaragama dan internasional melalui seni dan budaya. Ini adalah untuk pertama kalinya pameran seni visual, yang dirancang untuk menyatu dengan cara berpikir yang berbeda, disajikan kepada publik Saudi.

Mengangkat judul "Memulihkan Cerita, Memulihkan Fantasi" Biennale akan menempati bagian dari bangunan arsitektur modernis - dianggap sebagai salah satu museum terbaik di Timur Tengah - dengan karya-karya seniman Argentina Graciela Sacco, Mariana Telleria dan Eduardo Basualdo; Warga Brazil Regina Silveira dan José Bechara, Laurent Grasso dari Prancis, orang Uruguay Paola Monzillo dan Marco Maggi, Betsabeé Romero dari Meksiko, dan Makoto Azuma dari Jepang.

Empat seniman Saudi akan mempresentasikan karya seni mereka di BIENALSUR. Mereka adalah Sarah Abu Abdullah, Fatima Al-Banawi, Faisal Samra, dan Ayman Zedani.

Al-Banawi, Zedani dan Samra berpartisipasi dalam pameran Buenos Aires pada Juni tahun ini setelah mereka dipilih oleh kurator BIENALSUR dari lebih dari 5.000 proposal dari seluruh dunia.

Dianggap sebagai pelopor seni konseptual di Timur Tengah, Samra akan menyajikan karyanya "Grip of Hope", sebuah instalasi interaktif. Pameran ini akan digabungkan dengan karya-karya yang mencerminkan pengalaman waktu tunggal dari sudut pandang artis Zedani, narasi Sarah, dan dunia intim Al-Banawi.

Pameran ini, dengan mayoritas besar seniman wanita dan juga dikuratori oleh seorang wanita, peneliti Argentina yang luar biasa, Diana Wechsler, direktur artistik-akademik BIENALSUR, mengatakan bahwa acara tersebut menawarkan kepada penonton kesempatan untuk memulihkan dimensi imajiner dan dengan itu bertemu dengan cara berpikir yang lain, yang dapat memperluas modalitas narasi dalam celah yang ada antara realitas dan fantasi.

Kementerian Kebudayaan Arab Saudi menjadi tuan rumah pameran sebagai bagian dari menarik bisnis internasional dan acara budaya ke Kerajaan, menciptakan peluang untuk interaksi budaya dengan warga, penduduk dan pengunjung, mendukung seniman lokal untuk memamerkan karya mereka di platform internasional yang bergengsi, dan meningkatkan status Arab Saudi sebagai tujuan seni internasional.

Tujuan dari biennale adalah menjadi platform global untuk kerja sama lintas budaya untuk mengurangi jarak dan batasan geografis dan merayakan keanekaragaman sebagai nilai yang unik dan berbeda.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2801 seconds (0.1#10.140)