Eropa Sesalkan Rencana Israel Caplok Wilayah Palestina

Jum'at, 13 September 2019 - 18:17 WIB
Eropa Sesalkan Rencana Israel Caplok Wilayah Palestina
Eropa Sesalkan Rencana Israel Caplok Wilayah Palestina
A A A
BRUSSELS - Lima negara Eropa menyatakan keprihatinan mendalam mereka atas pernyataan Perdana Menteri, Israel Benjamin Netanyahu mengenai Tepi Barat, Palestina. Netanyahu baru-baru ini mengungkapkan tentang kemungkinan aneksasi beberapa bagian Tepi Barat yang diduduki jika ia terpilih kembali.

Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris dalam pernyataan bersama menyatakan sangat prihatin dengan pengumuman kemungkinan aneksasi wilayah di Tepi Barat, khususnya lembah Yordania dan pantai utara Laut Mati.

"Ini akan, jika diterapkan, merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional," bunyi pernyataan bersama tersebut, seperti dilansir Anadolu Agency pada Jumat (13/9).

"Prancis, Jerman, Italia, Spanyol dan Inggris akan terus menyerukan semua pihak untuk menahan diri dari tindakan yang bertentangan dengan hukum internasional yang akan membahayakan kelangsungan solusi dua negara, berdasarkan perjanjian 1967, dan mempersulit upaya untuk mencapai perdamaian yang adil dan abadi," ungkapnya.

Sebelumnya, Rusia juga turut mengecam rencana Netanyahu untuk mencaplok Tepi Barat. Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan mengatakan, pihaknya telah mencatat apa yang dikatakannya sebagai reaksi sangat negatif dunia Arab terhadap pengumuman Netanyahu.

"Kami berbagi keprihatinan tentang rencana seperti itu dari kepemimpinan Israel, yang implementasinya dapat secara tajam meningkatkan ketegangan di kawasan itu, melemahkan harapan untuk membangun perdamaian yang telah lama ditunggu-tunggu antara Israel dan negara-negara tetangga Arabnya," ucap kementerian itu.

(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6859 seconds (0.1#10.140)