Diserang Roket Gaza, Netanyahu Buru-buru Turun Panggung Kampanye

Rabu, 11 September 2019 - 18:43 WIB
Diserang Roket Gaza, Netanyahu Buru-buru Turun Panggung Kampanye
Diserang Roket Gaza, Netanyahu Buru-buru Turun Panggung Kampanye
A A A
ASHDOD - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu bergegas turun dari panggung kampanye ketika roket-roket asal Gaza menyerang Ashdod. Beruntung dia tidak terkena senjata kelompok militan Gaza tersebut, karena senjata itu diintersepsi sistem pertahanan rudal Iron Dome.

Insiden itu terjadi Selasa malam. Sirene roket di Ashdod dan Ashkelon meraung-raung ketika beberapa roket asal Gaza bermunculan. Raungan sirene itu membut acara kampanye Netanyahu dan beberapa politisi lainnya dipersingkat.

Sebuah video yang diambil dari lokasi kampanye menunjukkan sirene berbunyi ketika Netanyahu memulai pidatonya di sebuah panggung di Ashdod. "OK, jelas," kata Netanyahu ketika pengawalnya mendesaknya untuk pindah, tepat sebelum video terputus. Sekitar 20 menit kemudian, PM Israel itu melanjutkan pidato kampanyenya.

"Jika Hamas menembaki kami dalam siaran langsung, Anda dapat memahami bahwa mereka tidak menginginkan kami di sini," kata Netanyahu di hadapan pendukung partainya, Partai Likud. "Jadi bersiap untuk yang lain. Kami akan mengungsi, dan kemudian kami akan kembali," katanya lagi.

Pemimpin Partai Yisrael Beytenu, Avigdor Lieberman, dievakuasi dari sebuah acara partai di sebuah restoran di Ashdod. Lieberman tidak pergi ke tempat perlindungan atau ruang yang aman, melainkan menyelesaikan pidatonya dan kemudian pergi ke mobilnya.

"Insiden itu membuktikan bahwa kebijakan Netanyahu, yang berarti menyerah pada terorisme, bangkrut. Kita harus mengubah arah," kata Lieberman.

Politisi Partai Biru dan Putih, Gabi Ashkenazi, juga berkampanye di Ashkelon ketika sirene roket berbunyi.

"Kami melanjutkan konferensi kami di Ashkelon seperti biasa," kata Ashkenazi. "Kami tidak takut pada Hamas atau Hizbullah. Itulah jawabannya," ujarnya, dikutip The Jerusalem Post, Rabu (11/9/2019).

Sirene roket Ashdod dan Ashkelon meraung-raung sekitar pukul 21.00 malam, ketika dua roket ditembakkan dari Gaza. Iron Dome mencegat salah satunya, dan yang lain jatuh di lapangan terbuka dekat Ashkelon.

Tempat perlindungan telah dibuka di Ashkelon. Tak lama setelah serangan roket, Netanyahu bertemu dengan para pemimpin militer dan keamanan di kompleks Kirya di Tel Aviv, di mana Kementerian Pertahanan bermarkas.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3065 seconds (0.1#10.140)