Damaskus Kecam Patroli Bersama AS-Turki di Suriah Utara

Senin, 09 September 2019 - 21:28 WIB
Damaskus Kecam Patroli Bersama AS-Turki di Suriah Utara
Damaskus Kecam Patroli Bersama AS-Turki di Suriah Utara
A A A
DAMASKUS - Pemerintah Suriah melemparkan kecaman atas keputusan Amerika Serikat (AS) dan Turki menggelar patroli darat bersama di Suriah Utara. Damaskus menyebut patroli tersebut sebagai bentuk agresi.

"Damaskus percaya bahwa langkah ini adalah agresi yang bertujuan menyeret krisis di Suriah. Kami percaya bahwa langkah ini adalah agresi yang bertujuan menyeret krisis di Suriah," kata Kementerian Luar Negeri Suriah dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Tass pada Senin (9/9).

Kementerian Luar Negeri Suriah kemudian menekankan bahwa pihaknya menentang apa yang disebut zona keamanan yang dinyatakan oleh AS dan Turki. Damaskus juga menegaskan akan melawan tindakan yang dianggap merusak persatuan dan integritas wilayah Suriah.

Sebelumnya diwartakan, kemarin AS dan Turki memulai patroli darat bersama di zona aman, di Suriah utara. Menurut Kementerian Pertahanan Turki, patroli ini diiringi pengerahan kendaraan udara tak berawak (UAV).

"Angkatan Bersenjata Turki dan personel AS memulai patroli darat bersama pertama mereka dalam lingkup kegiatan fasilitas zona aman di utara Suriah dan timur Sungai Eufrat. Patroli ini dilengkapi partisipasi kendaraan darat dan UAV di sisi Suriah di selatan Suriah,” sebut pernyataan Kementerian Pertahanan Turki.

Patroli gabungan itu adalah bagian dari kesepakatan yang dicapai pada 7 Agustus antara kedua sekutu NATO untuk mendirikan zona aman dan mengembangkan "koridor perdamaian" di Suriah utara yang akan mengatasi kekhawatiran keamanan Ankara tentang faksi Kurdi yang mengendalikan wilayah itu.

Kesepakatan itu membayangkan penarikan Unit Perlindungan Rakyat ke arah selatan zona aman. Zona aman juga akan memfasilitasi kembalinya pengungsi Suriah yang saat ini tinggal di Turki, ke negara asal mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5107 seconds (0.1#10.140)