Erdogan: AS Kirim Puluhan Ribu Senjata ke Suriah

Minggu, 08 September 2019 - 11:40 WIB
Erdogan: AS Kirim Puluhan Ribu Senjata ke Suriah
Erdogan: AS Kirim Puluhan Ribu Senjata ke Suriah
A A A
ANKARA - Presiden Turki, Tayyip Erdogan mengecam Amerika Serikat (AS) atas tawaran dukungan yang tak tergoyahkan kepada Kurdi di Suriah utara. Erdogan mengatakan, Washington terlalu berlebihan terhadap militan Kurdi di wilayah tersebut.

Erdogan mengatakan, negaranya tidak akan tinggal diam atas keputusan AS mengirimkan 30 ribu senjata, peralatan, dan truk yang dipenuhi amunisi ke Suriah utara, tempat Kurdi beroperasi.

Dia lebih lanjut mengkritik AS karena kurangnya komitmen pada pengaturan zona aman di Suriah, yang berada di sepanjang perbatasan Turki. Erdogan menyebut, ia akan membawa masalah ini saat bertemu Presiden AS, Donald Trump di New York akhir bulan ini.

"Kita harus menyelesaikan ini. Ada perbedaan antara apa yang dikatakan dan apa yang telah dilakukan," kata Erdogan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir PressTV pada Minggu (8/9).

Di kesempatan yang sama, Erdogan juga mengkritik rendahnya upaya internasional dan Eropa yang dimaksudkan untuk mendukung Turki dalam mengakomodasi jutaan pengungsi Suriah.

Dia mengatakan akan melanjutkan rencana untuk memukimkan satu juta pengungsi di Suriah utara. Dia menyebut bahwa negaranya telah menghabiskan USD 40 miliar untuk menampung apa yang ia katakan adalah populasi empat juta pengungsi Suriah.

“Kita bisa melakukan pembangunan. Anda memberi kami dukungan finansial. Mereka mengatakan bagus. Kemudian ayo, tunjukkan dukungan Anda. Tapi tidak ada apa-apa setelah itu," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5228 seconds (0.1#10.140)