UE Nyatakan Dukung Rencana Pertemuan AS-Iran

Kamis, 29 Agustus 2019 - 20:28 WIB
UE Nyatakan Dukung Rencana...
UE Nyatakan Dukung Rencana Pertemuan AS-Iran
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) mengaku akan mendukung pembicaraan antara pemimpin Amerika Serikat (AS) dan Iran. Tetapi, UE mengatakan mereka hanya akan mendukung jika kesepakatan nuklir saat ini dengan Iran dipertahankan.

Teheran dan Washington telah terkunci dalam perselisihan pahit sejak tahun lalu, ketika Presiden AS, Donald Trump secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir.

UE telah berusaha keras untuk menghentikan kesepakatan tersebut runtuh sepenuhnya, dengan alasan itu adalah cara terbaik untuk menghentikan Iran mengembangkan bom nuklir.

"Kami selalu mendukung pembicaraan, semakin banyak orang berbicara, semakin banyak orang saling memahami, semakin baik, atas dasar kejelasan dan atas dasar rasa hormat," kata Menteri Luar Negeri UE, Frederica Mogherini, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (29/8).

"Namun, pertama dan terpenting apa yang ada perlu dilestarikan, khususnya kesepakatan 2015 yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan atau JCPOA. Kami akan selalu mengadvokasi untuk rasa hormat penuh oleh semua sisi resolusi DK PBB dan itu termasuk JCPOA," katanya.

Gagasan pembicaraan langsung antara Washington dan Teheran sebagai jalan keluar dari krisis telah berkembang minggu ini. Pada pertemuan G7 di Biarritz, Prancis, Trump menunjukkan keterbukaan terhadap proposal Presiden Prancis, Emmanuel Macron untuk mengadakan pertemuan dengan Rouhani.

Menteri Pertahanan AS, Mark Esper menindaklanjut dengan mendesak Teheran untuk terlibat. Tetapi, Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif bersikeras Washington harus menghormati kesepakatan dan menghentikan apa yang ia sebut "terorisme ekonomi" terhadap negaranya, sebelum akhirnya menggelar pembicaraan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)