Jepang Naik Pitam Korsel Latihan Militer di Pulau Sengketa

Minggu, 25 Agustus 2019 - 16:24 WIB
Jepang Naik Pitam Korsel Latihan Militer di Pulau Sengketa
Jepang Naik Pitam Korsel Latihan Militer di Pulau Sengketa
A A A
TOKYO - Kementerian Luar Negeri Jepang melancarkan protes setelah Korea Selatan (Korsel) melakukan latihan militer di pulau sengketa. Jepang mengatakan latihan tersebut tidak dapat diterima dan menuntut diakhirinya kegiatan tersebut.

Militer Korsel menggelar latihan militer selama dua hari di sekitar pulau Takeshima, yang disebut Dokdo dalam bahasa Korea. Latihan ini dilakukan beberapa hari setelah Seoul memutuskan untuk membatalkan perjanjian berbagi data intelijen dengan Jepang di tengah memburuknya hubungan kedua negara.

"Pulau itu jelas merupakan bagian yang tak terpisahkan dari wilayah Jepang", kata Direktur Jenderal di Biro Urusan Asia dan Oceania, Kenji Kanasugi, kepada Kedutaan Besar Korsel di Tokyo dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Reuters, Minggu (25/8/2019).

Tokyo dan Seoul telah lama berselisih mengenai kedaulatan kelompok pulau yang disebut Takeshima dalam bahasa Jepang dan Dokdo di Korea. Kepulauan itu terletak sekitar setengah jalan antara tetangga Asia Timur di Laut Jepang, yang juga dikenal sebagai Laut Timur.

Pulau-pulau yang disengketakan telah lama menjadi salah satu wilayah pertikaian paling sensitif bagi Korsel dan Jepang.

Latihan ini dilakukan beberapa hari setelah Seoul memutuskan untuk membatalkan perjanjian berbagi data intelijen dengan Jepang di tengah memburuknya hubungan kedua negara.

Hubungan antara Korsel dan Jepang mulai memburuk akhir tahun lalu setelah pertikaian diplomatik mengenai kompensasi bagi pekerja paksa masa perang selama pendudukan Jepang di Korea.

Hubungan mereka semakin memburuk ketika Jepang memperketat pembatasan ekspor bahan-bahan teknologi tinggi yang dibutuhkan oleh industri chip Korsel. Situasi diperburuk setelah Tokyo pada bulan ini mengatakan akan menghapus status ekspor jalur cepat Korsel.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3806 seconds (0.1#10.140)