Pompeo: AS Terus Kejar Solusi Diplomatik dengan Iran

Kamis, 01 Agustus 2019 - 19:40 WIB
Pompeo: AS Terus Kejar Solusi Diplomatik dengan Iran
Pompeo: AS Terus Kejar Solusi Diplomatik dengan Iran
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan, AS terus mengejar solusi diplomatik dan perjanjian nuklir komprehensif baru dengan Iran, di tengah meningkatnya ketegangan dengan negara itu.

"AS terus mencari solusi diplomatik yang membahas perilaku destruktif rezim Iran. Satu-satunya jalan ke depan adalah kesepakatan komprehensif yang membahas berbagai ancamannya," ucap Pompeo.

Pompeo, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (1/8), kemudian mengatakan bahwa sampai hasil seperti itu terwujud, AS akan melanjutkan kampanye tekanan maksimumnya terhadap Iran.

Pernyataan Pompeo ini sendiri datang tidak lama setelah Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi kepada Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif.

Departemen Keuangan AS mengumumkan sanksi itu setelah sebelumnya menolak memasukkan Zarif dalam daftar hitam awal bulan ini.
Langkah ini dilakukan di saat kritisnya hubungan AS-Iran, dengan Washington saat ini menyusun misi maritim multinasional untuk melindungi lalu lintas pengiriman di Teluk Persia dan memerangi "agresi" Iran.

"Javad Zarif mengimplementasikan agenda sembrono Pemimpin Tertinggi Iran, dan merupakan juru bicara utama rezim Iran di seluruh dunia. AS mengirimkan pesan yang jelas kepada rezim Iran, bahwa perilakunya baru-baru ini benar-benar tidak dapat diterima," kata Departemen Keuangan AS.

Menanggapi sanksi ini, Presiden Iran, Hassan Rouhani menyebut AS bertindak kekanak-kanakan dengan menjatuhkan sanksi terhadap Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif. Rouhani juga menyebut, tindakan ini didasari oleh rasa takut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5768 seconds (0.1#10.140)