Terkait Sanksi, Rouhani Sebut AS Takut Terhadap Zarif

Kamis, 01 Agustus 2019 - 19:10 WIB
Terkait Sanksi, Rouhani Sebut AS Takut Terhadap Zarif
Terkait Sanksi, Rouhani Sebut AS Takut Terhadap Zarif
A A A
TEHERAN - Presiden Iran, Hassan Rouhani menyebut Amerika Serikat (AS) bertindak kekanak-kanakan dengan menjatuhkan sanksi terhadap Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif. Rouhani juga menyebut, tindakan ini didasari oleh rasa takut.

"Mereka (AS) menggunakan perilaku kekanak-kanakan. Mereka mengklaim setiap hari bahwa mereka ingin berbicara, tanpa prasyarat dan kemudian mereka memberikan sanksi kepada Menteri Luar Negeri kami," kata Rouhani, seperti dilansir Reuters pada Kamis (1/8).

"Sebuah negara yang meyakini kekuatannya dan negara adidaya dunia takut dengan wawancara Menteri Luar Negeri kami. Pilar-pilar Gedung Putih dibuat gemetar oleh kata-kata dan logika seorang yang berpengetahuan luas dan rela berkorban," kata Rouhani merujuk pada berbagai wawancara yang Zarif berikan kepada media AS, ketika ia mengunjungi New York untuk pertemuan PBB awal bulan ini.

Sebelumnya diwartakan, Departemen Keuangan AS mengumumkan sanksi itu setelah sebelumnya menolak memasukkan Zarif dalam daftar hitam awal bulan ini. Langkah ini dilakukan di saat yang kritisnya hubungan AS-Iran, dengan Washington saat ini menyusun misi maritim multinasional untuk melindungi lalu lintas pengiriman di Teluk Persia dan memerangi "agresi" Iran.

"Javad Zarif mengimplementasikan agenda sembrono Pemimpin Tertinggi Iran, dan merupakan juru bicara utama rezim Iran di seluruh dunia. AS mengirimkan pesan yang jelas kepada rezim Iran bahwa perilakunya baru-baru ini benar-benar tidak dapat diterima," kata Departemen Keuangan AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6358 seconds (0.1#10.140)